Ekonomi
Presiden Jokowi didampingi Menperin, Mendag dan pimpinan PT YIMM menekan tombol tanda ‘launching’ ke-1,5 juta motor Yamaha, di Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (3/12) siang. (Ist)

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang menggunakan kandungan lokal atau local content hingga 93-94 persen dari setiap motor produksinya yang diekspor untuk pasar luar negeri.

“Ini adalah industri yang ingin kita kembangkan. Sepeda motor. Lokal kontennya sangat tinggi, 94 persen, orientasinya ekspor. Investasi-investasi seperti ini yang akan kita dorong dan kita kembangkan,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai melaunching 1,5 juta motor  produksi PT YIMM, di Bizpark Commercial Estate, Pulogadung, Cakung, Jakarta, Senin (3/12) siang.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, Presiden mengaku senang melihat produksi-produksi yang telah diekspor ke 45 negara dengan  nilai yang tidak sedikit. Ia juga mengingatkan, bahwa tadi PT YIMM sudah menyampaikan targetnya nanti di tahun 2020 nilai ekspornya akan mencapai Rp20 triliun.

“Ini saya kira memang yang kita cari,” ucap Presiden seraya menambahkan, yang paling penting lokal kontennya tinggi, yang kedua orientasi ekspor. “Ini bagus sekali. 45 negara,” sambung Presiden.

Mengutip pernyataan direktur PT YIMM, Presiden Jokowi mengemukakan, negara-negara di Eropa dan Amerika juga sudah mengakui kuaitas motor produksi PT YIMM itu.

“Nah Jepang, Amerika, Eropa sudah akui kualitasnya. Memang dari PT Yamaha mengambil kelas yang premium, yang tinggi karena nilai tambahnya tinggi,” ujar Presiden Jokowi. (ZKA Warouw)

Add comment

Security code
Refresh