Ekonomi
Tol Trans Sumatera. (Ist)

BANDARLAMPUNG- Direktur Operasi II Hutama Karya, Suroto, mengatakan ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km telah selesai pengerjaan konstruksinya.

"Direncanakan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia pada Oktober 2019,” kata dia di Bandarlampung, Selasa (8/10).

Ia menyebutkan Hutama Karya mengerjakan jalan Tol Trans-Sumatera sesuai target.

Ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret lalu dan telah beroperasi penuh.

Menurutnya, ruas tol sepanjang 189 km dari Terbanggi Besar- Pematang Panggang- Kayu Agung sudah selesai dan siap untuk beroperasi.

"Hanya sisa 33 km dari ruas Kayu Agung-Betung yang belum selesai dikerjakan," katanya.

Menurut dia, ruas tol sepanjang 33 km yang akan tersambung hingga Palembang, konsesinya dimiliki oleh pihak lain.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, ketika keseluruhan ruas tersebut tersambung maka dapat dipastikan ruas Lampung – Palembang rampung  akhir tahun ini.

“Dengan keseluruhan ruas Bakauheni hingga Palembang tersambung akhir tahun ini, maka dapat dipastikan Bakauheni menuju Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4-5  jam dengan jarak tempuh kurang lebih 365 km. Sebelum ada tol ini, waktu tempuh tercatat 10-12 jam,” katanya. (Sudirman)

Add comment

Security code
Refresh