Ekonomi
Pom Bensin Pertamina. (Ist)
JAKARTA - Masih logis turunkan harga BBM untuk memantu daya beli rakyat saat Pandemi Corona agar ekonomi nasional tidak terlampau terpuruk. Hal ini disampaikan pakar energi, Dr. Kurtubi kepada pers di Jakarta, Rabu (19/8).
 
"Saya barusan habis membeli minyak Diesel/solar di pom bensin Shell  di Jalan Pramuka. Ini fakta datanya. Harganya Ternyata lebih murah dari harga Pertamina Dex yang sama kualitasnya dengan minyak dieselnya  Shell. Satu liter solar/diesel di Shell Rp9.850. Mobil Santa Fee yang saya pakai saya belikan minyak diesel  sebanyak 35 liter. Bayar Rp362.000. Disamping kaca mobil dibersihkan, juga dapet point," ujarnya.
 
Sedangkan 1 liter Pertamina Dex menurutnya harganya diatas Rp10.000/liter. 
 
"Sebenarnya Pertamina Dex ini yang selalu saya pakai. Kadang-kadang aja beli diesel di Shell untuk perbandingan," jelasnya.  
 
Kurtubi mengingatkan bahwa harga crude dunia (WTI) rata-rata sekitar $40 sejak 6 bulan yang lalu hingga hari ini. 
 
"Jadi harga Crude intake kilang sekitar (40 x rp15.000) : 160 = Rp 3.750/ liter. Ini harga bahan baku BBM," jelasnya.
 
Menurutnya, kalau diasumsikan refining cost + transportation cost + storage cost + interest + OH sekitar 40%. Ini asumsi sudah tinggi sekali,-- maka UNTAXED RETAIL PUMP PRICE (URPP) menjadi = sekitar 1.3 × 3.750 = Rp4.875 /liter (rata-rata semua BBM). 
 
Kepada Bergelora.com dilaporkan, harga ini, excluding  FUEL TAX yang di Indonesia belum ada pajak BBM/fuel tax yang dibayar di pom bensin seperti yang ada disemua negara Eropah, AS dan lainnya. Juga URPP tersebut belum termasuk Negatif Tax/Subsidies  at The Pump.   
 
"Ternyata URPP masih lebih murah dari harga eceran BBM even BBM yang bersibsidi. Artinya saat ini subsidi BBM sudah tidak ada, meski premium dan solar dijual sekitar  5 - 6 ribu/ liter," katanya. 
 
Ia mengatakan Pertamina DEX, Pertamax oktan tinggi menjadi sangat menguntungkan bagi retailer BBM. Sehingga yang ada bukanlah kerugian/subsudi BBM, tetapi yang ada adalah Laba Bersih Minyak (LBM). 
 
"Sejak sekitar 4 bulan yang lalu, saya sudah minta harga BBM diturunkan ke Level Biaya Pokok BBM. Untuk membantu menjaga daya beli rakyat  selama pandemi, agar pertumbuhan ekonomi tidak terlalu anjlok, " tegasnya. (Web Warouw)

Add comment

Security code
Refresh