Ekonomi
Jaringan telekomunikasi. (Ist)
JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan wilayah Indonesia tersambung ke jaringan telekomunikasi tahun ini.
 
"Mengantarkan Indonesia sebagai bangsa digital dan mengambil bagian yang bermanfaat dari industri 4.0 yang tidak bisa dihindari. Untuk itu maka kita terlebih dahulu harus mengantar Kementerian Kominfo, sebelum mengantar Indonesia terkoneksi kita mengantar dulu Kominfo Connect. Terkoneksinya Kominfo menjadi satu kekuatan yang besar sehingga di Kominfo semakin digital semakin maju," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, saat rapat internal awal tahun, dikutip dari keterangan pers, Senin (4/1).
 
Tahun ini, Kementerian Kominfo memiliki slogan "Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju".
 
Johnny berharap Kementerian Kominfo bisa menjadi panutan, role model, dalam mewujudkan Indonesia Terkoneksi 2021, apalagi ibu kota Jakarta memiliki infrastruktur telekomunikasi yang memadai.
 
"Saya meyakini apa lagi di Jakarta, tersedianya bandwidth cukup besar, jaringan-jaringan infrastrukturnya luar biasa hebat dan manajemen sistem yang kita harus atur agar pemanfaatannya itu optimal dan maksimal," kata Johnny.
 
Kominfo, dikatakan Johnny, memiliki tanggung jawab dalam mewujudkan Indonesia Terkoneksi melalui digitalisasi.
 
Menurut Johnny, kementerian yang dipimpinnya ini harus mengambil peran dalam membantu masyarakat melalui penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang jauh lebih dan lebih kuat.
 
Kepada Bergelora.com dilaporkan, saat ini kehidupan sosial maupun ekonomi bergantung pada ketersediaan infrastruktur telekomunikasi dan informatika karena banyak kegiatan yang harus dilakukan dari jarak jauh selama pandemi virus corona.
 
Agenda utama Kominfo tahun ini menitikberatkan pada peningkatan rasio internet, internet-link ratio, untuk memperkecil kesenjangan digital di Tanah Air.
 
Kebutuhan akan koneksi telekomunikasi, terutama internet, semakin tinggi sejak Indonesia dilanda pandemi virus corona.
 
"Faktor akselerasinya adalah COVID-19 yang justru menjadi bagian dari pendorong Kominfo untuk bekerja lebih hebat lagi. Saya berharap Sekretariat Jenderal menjadi bagian terdepan untuk mengantar Kementerian Kominfo menjadi kementerian tidak saja komunikasi, tetapi juga kementerian digital yang progresif dan transformatif," kata Johnny.
 
Kominfo melihat pekerjaan tahun ini akan membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak. (ZKA Warouw)
 

Add comment

Security code
Refresh