Ekonomi
Dr Anthony Fauci "bapak" Virus Covid-19. (Ist)
JAKARTA- Mantan ajudan Donald Trump menuduh kepala penasihat kepresidenan Amerika Serikat Dr Anthony Fauci sebagai "bapak" Covid-19. Tidak hanya itu, ia juga menuduh Fauci bersekongkol dengan Tiongkok dalam membuat virus mematikan tersebut.
 
Peter Navarro, yang pernah menjadi penasihat perdagangan Gedung Putih di era Trump, menyampaikan tuduhan di saluran televisi Fox News pada Selasa, 30 Maret.
 
"Fauci adalah bapak dari virus (Covid-19). Fauci lah orangnya," kata Navarro, dikutip dari laman Independent pada Rabu, (31/3).
 
"Ia telah membiarkan Partai Komunis Tiongkok melakukan rekayasa genetik terhadap sebuah virus," sambungnya.
 
Fauci, kepala Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional, telah diserang sejumlah tokoh konservatif selama pandemi Covid-19. Anggapan bahwa Covid-19 merupakan virus buatan manusia yang bocor dari sebuah laboratorium merupakan teori konspirasi populer di kalangan pendukung Trump.
 
Kepada Bergelora.com dilaporkan, padahal menurut studi gabungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Tiongkok, hipotesis mengenai Covid-19 berasal dari lab "kemungkinan besar tidak mungkin" terjadi. Studi gabungan WHO menyatakan Covid-19 kemungkinan menular dari kelelawar ke manusia melalui hewan perantara lain.
 
"Sekarang saya menyebutnya sebagai Virus Fauci. Jika dia mau menjadi bapak dari sesuatu, maka dia adalah bapak dari virus yang telah menewaskan lebih dari setengah juta warga Amerika," tutur Navarro.
 
Rachel Campos-Duffy, presenter Fox News saat itu, tidak menginterupsi atau berusaha memperbaiki tudingan tak berdasar Navarro.
 
Navarro juga pernah menyebut Fauci sebagai seorang "sosiopat" karena dinilai mencoba mengklaim pengadaan vaksin Covid-19 sebagai salah satu pencapaiannya.
 
"Keputusan pada 10 Januari lalu, untuk melakukan semaksimal mungkin dalam mengembangkan sebuah vaksin, mungkin adalah keputusan terbaik yang pernah dibuat," sebut Fauci dalam wawancara dengan CNN.
 
Merespons wawancara tersebut, Navarro berkata: "Fauci adalah seorang sosiopat dan pembohong. Dia tidak ada hubungannya dengan vaksin. Bapak vaksin adalah Donald J Trump." (Web Warouw)
 

Add comment

Security code
Refresh