Ekonomi
Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi Publik, Hadi Djuraid saat meminpin kick of meeting Kesiapan Kementerian ESDM Hadapi Lebaran Idul Fitri 1438 H. Selasa (30/5). (Ist)

JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya dalm rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral membuka Posko ESDM. Posko akan mulai beroperasi sejak H-15 hingga H+15 Hari Raya Idul Fitri. Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi, Fanshurullah Asa menjadi ketua Posko ESDM tahun ini.

Petugas piket Posko ESDM terdiri dari Direktorat Jenderal Minyak Dan gas Bumi, Direktorat Jenderal Ketengalistrikan Badan Geologi, BPH Migas, PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Petugas piket itu akan memantau kesiapan sektor ESDM menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438H. Pemerintah berharap pembentukan Posko ESDM tersebut dapat meningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya sektor ESDM sejak H-15 hingga H+15.

Masing-masing petugas piket akan bertanggung jawab terhadap data dan informasi institusi yang diwakilinya. Petugas perwakilan dari Direktorat Jederal Minyak Dan Gas Bumi dan Pertamina bertanggung jawab terhadap data dan informasi mengenai BBM, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dan PT PLN untuk data dan informasi Listrik, SKK Migas bersama BPH Migas bertanggung jawab terhadap data dan informasi LPG, sedangkan petugas dari Badan Geologi bertanggung jawab terhadap data dan informasi terkait vulkanologi, mitigasi dan bencana geologi. Sekretariat Posko ESDM bertempat di Gedung Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi di Jalan Kapten P. Tendean No: 28. Jakarta Selatan.

"Informasi terkait sektor ESDM sangat penting diiformasikan kepada masyarakat agar masyarakat dapat mudik aman dan nyaman bersama keluarga tercinta. Masyarakat harus terinformasikan dengan baik seluruh informasi mengenai kondisi BBM, Ketenagalistrikan dan kegeologian," ujar Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Komunikasi Publik, Hadi Djuraid saat meminpin kick of meeting Kesiapan Kementerian ESDM Hadapi Lebaran Idul Fitri 1438 H. Selasa (30/5).

Selain informasi kesiapan sektor ESDM terkait pasokan BBM dan listrik, informasi kegeologian juga akan disampaikan kepada masyarakat melalui Posko ESDM meski masyarakat dapat mengaksesnya secara langsung. "Untuk Geologi, pemantauan status gunung api, gerakan tanah dan gempa dapat dilakukan pemantauan secara online melalui aplikasi MAGMA," sambung Hadi.

Disampaikan dalam rapat oleh perwakilan dari dari PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero), bahwa saat ini ketersediaan pasokan listrik dan BBM secara nasional dalam kondisi aman dan tidak ada pemeliharaan selama jelang lebaran di berbagai wilayah. Peningkatan konsumsi BBM diperkirakan akan terjadi saat puncak arus mudik hari Raya Idul Fitri dan arus balik.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, Hari Raya Idul Fitri 1437 H/2016 tahun lalu, selama periode H-15 hingga H+15 lebaran konsumsi BBM naik dengan besaran masing-masing premium naik 15% dari rata rata normal 71.906 KL menjadi 82.496 KL. namun konsumsi solar turun 12% dari rata-rata harian normal 35.173 KL menjadi 31.118 KL.

Selain membentuk Posko ESDM, Kementerian ESDM bersama Kementerian dan Lembaga lain direncanakan juga akan membentuk Posko Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H Nasional yang akan di pusatkan di Kementerian Perhubungan. Rapat koordinasi pembentukan posko ini akan dilaksanakan minggu depan. (ZKA Warouw)

Add comment


Security code
Refresh