Berita Nasional

JAKARTA-Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Adyaksa Dault akhirnya resmi dilantik menjadi ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka masa bakti 2013-2018. Acara pelantikan berlangsung Selasa (3/6) di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) beserta ibu Negara dan Wakil Presiden RI Boediono beserta istri. Dakam kesempatan itu, Bendahara Perusahaan Taxi Blue Bird, Bayu  Priawan Djokosoetono ditugaskan menjadi Bendahara Gerakan Pramuka masa bakti 2014-2018.

Sebelum pelantikan kepengurusan pramuka di istana, telah diadakan kordinasi di gedung Pramuka oleh pengurus Kwartir Nasional (kwarnas). Hadir dalam kepengurusan tersebut antara lain  Dr.H. Adyaksa Dault, SH.M.Si (ketua), Dr. P.A Kodrat Pramudho, SKM, M.Kes (Waka Bidang Organisasi dan hukum), H.Rafli Effendy (Waka Bidang Badan Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka), Drs. Yudi Suyoto, MM (Sekertaris Jendral), Bayu Priawan Djokosoetono (Bendahara). Kordinasi kepengurusan pramuka se- nasional tersebut berlangsung meriah.

"Saya senang bisa berkumpul dengan teman-teman pramuka di propinsi lain," Ujar salah satu peserta dari Aceh.

Acara pelantikan di istana sendiri dilaksanakan di tempat terbuka. Acara berlangsung tertib.

"Saya percayakan penuh kepada pengurus baru ini dan ubahlah sejarah. Sejarah menunjukan bahwa bangsa-bangsa yang maju karena sumber daya manusianya unggul dan maju,"Ujar SBY saat memberikan sambutan di Hall Istana Negara.

SBY mengatakan melalui gerakan Pramuka, generasi muda dapat melatih fisik dan mental, serta integritas kepribadian, bahkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan untuk generasi muda. Diharapkan generasi muda Indonesia, siap mengemban tugas yang lebih mulia, lebih besar untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Oleh karena itu, kami semua menitipkan kepada Adyaksa Dault dan semua pengurus untuk mengemban tugas ini," ujar SBY.

Sebelum dilantik, Adhyaksa bersama pengurus yang baru mengucap ikrar menyatakan menyetujui isi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Dalam visinya, Adhyaksa ingin membawa pramuka ke depan sebagai Scout for Change, Pramuka untuk perubahan. Dia akan menghadirkan Pramuka di tengah masyarakat.

Kepengurusan baru ini sangat terlihat optimis dan semangat. "Semoga melalui semangat kebersamaan ini akan menambah kualitas Pramuka dalam menyumbangkan peranannya dalam bernegara," Ujar Bayu Priawan Djokosoetono (Bendahara) di sela-sela acara pelantikan tersebut. (Tiara Hidup)

Add comment


Security code
Refresh