Berita Nasional

LEBANON- Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) POM TNI Kontingen Garuda  (Konga) XXV-F/UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) atau disebut juga Sector East Military Police Unit (SEMPU) dibawah pimpinan Letkol Cpm Andri Gunawan selaku Komandan Satgas (Dansatgas) POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL menerima apresiasi dari Force Commander UNIFIL Major General Paolo Serra (Italia), di Blate Marjayoun UN Posn 7-3, Sektor Timur, Lebanon Selatan, Selasa (15/7).

Force Commander UNIFIL Major General Paolo Serra, menyampaikan apresiasi dan menyerahkan Medal Coin yang diberikan langsung  kepada Dansatgas POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL Letkol Cpm Andri Gunawan, telah melaksanakan tugas dengan penuh pengabdian, dedikasi, loyalitas dan kepatuhan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Lebanon Selatan. 

Dalam rilisnya kepada Bergelora.com dijelaskan bahwa, kinerja dan profesionalisme prajurit Satgas POM TNI dalam melaksanakan tugas sebagai International Military Police di AOR (Area of Responsibility) Sektor Timur UNIFIL, Lebanon Selatan.
 
Lebih lanjut Major General Paolo Serra menyampaikan, prestasi ini tentunya tidak didapatkan begitu saja berbagai hasil nyata, yang berhasil diwujudkan oleh Satgas POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL selama 8 bulan mengabdikan diri di UNIFIL meliputi keberhasilan menurunkan tingkat kecelakaan dan pelanggaran hingga 40 % dalam tahun 2014, Penyelesaian kasus Fatal Accident Kontingen Spanyol dengan baik dan berbagai kegiatan preventif untuk meningkatkan security awareness dalam menurunkan tingkat terjadinya kecelakaan prajurit UNIFIL lainnya.
 
Disamping itu, sasaran utama Satgas POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL adalah untuk menjaga stabilitas dan tegaknya aturan hukum UNIFIL, dalam mewujudkannya berbagai kegiatan operasional dilaksanakan baik yang sifat rutin maupun tambahan. Beberapa tugas tambahan inilah yang menjadi atensi Force Commander kepada Satgas POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL karena berhasil menciptakan beberapa kegiatan baru yang bersifat preventif dalam mewujudkan sasaran misi yang ingin dicapai.
 
Menurut Dansatgas POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL Letkol Cpm Andri Gunawan penghargaan Medal Coin yang diberikan secara langsung oleh Force commander menjadikan semangat baru prajurit Satgas POM TNI Konga XXV-F/UNIFIL untuk menyelesaikan sisa waktu misi yang ada. 

“Dengan pencapaian ini, telah berhasil menunjukkan dedikasi nyata dan meletakkan tolak ukur bahwa Kontingen Indonesia selalu memberikan kinerja profesional dan positif dalam setiap keterlibatannya dalam misi perdamaian dunia”, imbuhnya. (Calvin G. Eben-Haezer)

Add comment


Security code
Refresh