Jumat, 29 Maret 2024

SERUAN PGI: Mari Berdoa Bersama Untuk Korban Tsunami Selat Sunda dan Salurkan Bantuan

Masyarakat korban Tsunami Selat Sunda di Banten, Minggu (23/12). (Ist)

JAKARTA- Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan keprihatinan dan duka mendalam atas musibah tsunami Selat Sunda yang melanda Banten, Lampung, dan wilayah sekitarnya. PGI menyerukan kepada seluruh umat Kristen untuk mendoakan para korban.

“Kami memgimbau seluruh warga gereja di pelosok nusantara untuk mendoakan para korban terdampak,” kata Majelis Pekerja Harian PGI, Pendeta Gumor Gultom, di Jakarta, Senin (24/12).

Gultom mengatakan, PGI berdoa bagi para korban agar segera mendapat pemulihan. Sementara bagi keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan menghadapi masa-masa sulit ini.

Salurkan Bantuan

Kepada Bergelora.com dilaporkan, PGI juga mengimbau warga gereja untuk mengulurkan bantuan. Dalam suasana Natal ini, umat Kristiani ditantang untuk mewujudnyatakan semangat kasih dengan berbagi kepada segenap warga yang kurang beruntung, terutama yang kini sedang dilanda musibah.

“Dalam suasana Natal ini, sekali lagi saya mengimbau, mari kita bahu-membahu meringankan beban para korban,” ujar Gomar.

Ia juga mengatakan, Indonesia telah mengalami beberapa peristiwa tsunami yang menelan korban tidak sedikit. “Kita belum sepenuhnya pulih dari gempa Lombok, apalagi bencana dahsyat Sigi, Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah,” kata dia.

Dari peristiwa ini, pemerintah perlu memperbaiki tsunami early warning system atau peringatan dini tsunami, selain meningkatkan kewaspadaan masyarakat yang tinggal di daerah rawan.

Seluruh pihak semestinya belajar, meski tsunami tidak dapat dicegah, dampak buruknya bisa dikurangi apabila mangrove dan hutan payau terpelihara baik di pantai-pantai. Sayangnya akibat ulah manusia seperti pencemaran, rekayasa pantai demi kepentingan wisata dan reklamasi, hutan-hutan mengrove semakin sirna. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,110PelangganBerlangganan

Terbaru