Presiden Jokowi berdialog dengan pengungsi korban terdampak tsunami di Kalianda, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang. (Ist)

KALIANDA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, para pengungsi korban terdampak tsunami Selat Sunda yang yang berasal dari Pulau Sebesi ini, ingin pemukimannya direlokasi ke tempat yang lebih tinggi.

“Sudah tidak berani lagi di bibir pantai, semuanya,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai bertemu dan berdialog dengan pengungsi terdampak tsunami Selat Sunda, di Lapangan Tenis Indoor Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang.

Sejauh ini sebanyak 2.514 warga Pulau Sebesi telah dievakuasi meninggalkan rumah mereka ke Posko Pengungsian di Kalianda, Lampung Selatan, menyusul tsunami Selat Sunda yang menerjang tempat tinggal mereka pada Sabtu, 22 Desember 2018 lalu.

Bertemu Penyintas Bencana

Setelah menjenguk korban terdampak tsunami di RSUD dr. H. Bob Bazar, Presiden Jokowi dan rombongan mengunjungi Lapangan Tenis Indoor Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan. Di sini, Presiden bertemu dan berdialog dengan pengungsi terdampak tsunami Selat Sunda.

Tiba pukul 13.15 WIB, Presiden bertemu dengan anak-anak penyintas bencana tsunami terlebih dahulu.

Dalam kesempatan itu, ketika Presiden mengajukan pertanyaan, anak-anak serempak mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaannya.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Presiden diantaranya, menebak perkalian, menyebutkan nama ikan, menyenutkan nama buah-buahan.

Presiden juga berpesan agar anak-anak tetap rajin belajar. “Tetap belajar ya,” ujar Presiden.

“Iyaaa,” jawab anak-anak serempak.

Tinjau Lokasi Terdampak Tsunami

Sebelumnya kepada Bergelora.com laporkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Rabu (2/1) pagi, diagendakan untuk meninjau beberapa lokasi terdampak tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember 2018 lalu, dan juga lokasi pengungsi.

Tiba di Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan pada pukul 09.05 WIB, Presiden disambut oleh Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, dan Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto.

“Lokasi yang akan dikunjungi Kepala Negara adalah Kecamatan Rajabasa dan Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin dalam siaran persnya tadi pagi.

Selanjutnya Presiden akan meninjau para pasien terdampak tsunami Selat Sunda yang sedang dirawat di rumah sakit yang berada di Kabupaten Lampung Selatan.

Selesai meninjau semua lokasi, pada sore harinya Presiden akan menuju Bandar Udara Radin Inten II untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Lampung, antara lain Menteri Koordinator Polhukam Wiranto, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Salimah)