Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat berziarah ke makam Bung Karno, di Kota Blitar, Jatim, Kamis (3/1) siang. (Ist)

BLITAR- Usai meninjau Proyek Pengendalian Banjir Kali Bogel, di Kecamatan Sutojayan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berziarah ke makam Presiden ke-1 Republik Indonesia, Soekarno atau Bung Karno, di Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/1) siang.

Setelah Presiden Jokowi selesai berdoa di makam Bung Karno, sejumlah pejabat yang mendampinginya yaitu Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jatim Soekarwo juga berdoa di makam proklamator itu.

Setelah beristirahat sejenak, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju pendopo Kabupaten Blitar untuk menghadiri acara penyerahan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat.

Selesai membagikan sertifikat, Presiden Jokowi dijadwalkan meneruskan kunjungan ke Kabupaten Tulungagung, untuk meresmikan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di IAIN dan STIKIP PGRI Tulungagung.

Presiden dan rombongan dijadwalkan akan bermalam di Tulungagung, dan pada Jumat (4/1) besok akan melanjutkan kunjungan kerja ke Trenggalek dan Ponorogo.

Sebelumnya Presiden Jokowi disambut Gubernur Jatim Soekarwo saat tiba di Bandara Abdurrahman Saleh, Malang, Kamis (3/1) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (3/1), bertolak ke Jawa Timur (Jatim) guna melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur (Jatim). Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.50 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Abdul Rachman Saleh, Malang sekitar pukul 10.05 WIB, Presiden Joko Widodo langsung disambut oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

Dari pangkalan udara, Presiden langsung menuju ke Blitar, tepatnya di daerah irigrasi Lodoyo, Sutojayan. Di sana Presiden akan meninjau hasil pekerjaan rehabilitasi irigasi tersebut. Setelah itu, Presiden diagendakan untuk meninjau proyek pengendalian banjir Kali Bogel, Sutojayan, Blitar.

Pada sore harinya, Presiden akan menuju pendopo Kabupaten Blitar untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Jawa Timur antara lain, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil. (Ardiansyah Mahari)