Presiden Jokowi secara simbolis mengurug tanah pemakaman Ibu Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6). (Ist)

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Apel Persada pemakaman Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo atau lebih dikenal dengan Ibu Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6l.

“Saya Presiden RI atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan ini mempersembahkan kepada persada ibu pertiwi, jiwa raga, dan jasa-jasa almarhumah,” ujar Presiden mengawali apel.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa Ibu Ani Yudhoyono telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran negara dan bangsa pada hari Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura di National University Hospital Singapura karena sakit.

“Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya menjadi suri teladan bagi kita semua dan arwahnya mendapatkan tempat yang semestinya di alam baka,” ujar Presiden saat menjadi inspektur upacara.

Saat sambutan, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Ibu Ani Yudhoyono sepanjang hayatnya mendedikasikan hidup pada nilai-nilai kemanusiaan.

“Almarhumah aktif dalam memberantas buta huruf, mengembangkan kerajinan nasional, memberdayakan dan menyejahterakan keluarga, terutama kaum perempuan dan anak-anak,” tutur Presiden.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melayat almarhumah Ani Yudhoyono, di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (1/6). (Ist)

Pada kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan bahwa almarhumah juga aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan, pelestarian lingkungan hidup, budaya, dan meningkatkan kepedulian kepada masyarakat di daerah-daerah bencana, daerah konflik, dan daerah perbatasan.

“Atas jasa dan pengabdiannya yang besar kepada bangsa dan negara, Pemerintah Indonesia pada tahun 2011 menganugerahkan Bintang Maha Putra Adi Pradana kepada almarhumah,” jelas Presiden ke-7 RI.

Di akhir sambutan, Presiden mengajak semua untuk melepas kepergian Ibu Ani Yudhoyono menghadap Allah SWT dengan tenang dengan diiringi doa.

“Semoga Allah SWT berkenan menerima amal ibadah almarhumah dan mengampuni segala khilaf dan salah beliau. Flamboyan telah pergi namun akan tetap hidup di hati kita semuanya, rakyat Indonesia yang mencintainya,” pungkas Presiden.

Sebagai informasi, iring-iringan jenasah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional sekitar pukul 14.20 WIB.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Presiden ke-3 RI BJ. Habibie, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Boediono, Ibu Sinta Nuriyah, dan para Kepala Lembaga Negara serta para Menteri Kabinet Kerja.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada Sabtu (1/6) malam, melayat ke kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-6 Republik Indonesia di kawasan Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Seperti diketahui, Ibu Kristiani Herrawati Yudhoyono (Ani Yudhoyono), istri dari Susilo Bambang Yudhoyono, berpulang dalam usia 67 tahun di Singapura pada pukul 11.50 waktu setempat.

Tiba di rumah duka pada pukul 22.50 WIB, Presiden dan Ibu Iriana langsung masuk ke dalam rumah duka untuk menanti kedatangan jenazah Ibu Ani Yudhoyono dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta yang baru tiba dari Singapura pada pukul 22.00 WIB.

Pukul 23.05 WIB jenazah Ibu Ani Yudhoyono tiba di rumah duka. Tampak SBY didampingi kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) juga tiba dan disambut kerabat yang telah menantinya.

Tak berapa lama, AHY dan EBY turut mengangkat peti jenazah untuk dibawa ke dalam rumah. Di dalam rumah juga tampak Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya, SBY menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di kediamannya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden beserta

Ibu dan hadirin sekalian yang berkenan hadir di tempat kami ini, di rumah kami ini untuk berbagi rasa duka dengan saya dan keluarga atas kembalinya ke hadirat Allah SWT, istri tersayang Ani Yudhoyono, Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo,” ucap SBY.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, usai menyampaikan belasungkawa dan turut menyalatkan jenazah, Presiden dan Ibu Iriana meninggalkan lokasi pada pukul 23.45 WIB untuk kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Enrico N. Abdielli)