Situasi pembagian BLT Dana Desa. (Ist)

JAKARTA – Dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (18/5) lalu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengungkapkan 10 provinsi yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap pertama dengan presentase jumlah desa tertinggi dan terendah.

Dalam kesempatan itu, Menteri Desa juga mengapresiasi provinsi yang hampir seluruh desanya telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa.

Ia menyebutkan lima provinsi dengan persentase jumlah desa terbanyak yang telah menyalurkan BLT Dana Desa, diantaranya Provinsi Bangka Belitung; Bali; Kepulauan Riau; Sulawesi Tengah dan; Sulawesi Tenggara.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, sementara lima provinsi dengan persentase jumlah desa paling sedikit yang telah menyalurkan BLT Dana Desa, diantaranya Provinsi Banten; Sumatera Utara; Kalimantan Tengah; Kalimantan Barat dan; Aceh.

“Penyaluran BLT-nya yang paling rendah Banten. Kalau tidak salah baru 5 desa yang sudah tersalurkan. Padahal Musdes Khususnya sudah banyak, sudah hampir 50 persen desa. Tapi yang salur baru 5 desa, kemudian Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Aceh. Ini adalah 5 provinsi terendah,” ungkapnya. (Enrico N. Abdielli)