Antrian angkatan muda pencari kerja. (Ist)

JAKARTA – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) berkolaborasi dengan TopKarir Indonesia menyelenggarakan Festival E-Karir “Career in ICT Era” pada Rabu (9/9). Acara ini bertujuan untuk memberikan akses peluang kerja kepada anak muda, khususnya perempuan yang terdampak secara tidak langsung secara ekonomi dari pandemik COVID-19.

Berdasarkan data Kamar Dagang Indonesia (KADIN), sekitar lima juta dan menuju angka 8 juta orang kehilangan pekerjaan, termasuk sejumlah UMKM yang mayoritas digawangi oleh milenial. Pandemik COVID-19 telah mempersempit lapangan pekerjaan. Namun, peluang untuk tetap produktif dan berkarya tetap ada khususnya pada bisnis yang terkait kebutuhan masyarakat serta memanfaatkan teknologi. 

Plan Indonesia mendukung upaya pemberdayaan kaum muda, terutama perempuan melalui proyek Tech Muda. Salah satu kegiatannya adalah pelatihan pengembangan teknologi informasi untuk 150 anak muda. Kegiatan ini menyediakan mentorship untuk meningkatkan kemampuan peserta mengatasi permasalahan-permasalahan dalam menghadapi dunia kerja dan meningkatkan peluang ekonomi mereka. 

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia meyakini bahwa mengatasi masalah pengangguran tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendirian. 

“Kolaborasi antar berbagai pemangku kepentingan dari berbagai sektor berperan penting dalam mengurangi pengangguran di Indonesia. Festival E-Karir ini merupakan salah satu upaya membantu pemerintah dalam mengatasi permasalah pengangguran yang meningkat di masa pandemik COVID-19” jelas Dini. 

Festival E-Karir menghadirkan berbagai perusahaan di sektor IT dan sektor lainnya antara lain: Itommey, 2Tang, PT Pan Brothers, GRC Board, PT Mitra Insan Sejahtera dan Lotus. Di samping menghadirkan berbagai perusahaan dalam acara Festival E-Karir juga di dukung oleh Community Partner di antaranya Female Geek, Maxima, London School Beyond Academy, Indonesia Mengajar Digital dan Purna Paskibraka Indonesia.

Selain expo daring, acara ini juga mengadakan kegiatan yang membantu para peserta dalam mengembangkan karir seperti Tes Minat dan Bakat, TopKarir Klinik, Kelas TopEdu, Lowongan Kerja Eksklusif. Berbagai sesi daring juga terbuka untuk umum yang diisi oleh para ahli di bidangnya seperti Agata Paskarista (Konselor Psikologi Pendidikan dan Karir), Sonia Marunduh (Psikolog), Denny Samboh (HR & People Development Consultant), Jiwo Damar Anarkie (Social Impact Manager Warung Pintar), Ivan Tigana (Chief Business Officer Nodeflux) dan masih banyak lagi.

Bayu Janitra Wirjoatmodjo, selaku CEO & Co-Founder PT. Top Karir Indonesia yang telah bersinergi dengan Young On Top, sebuah organisasi komunitas kaum muda beranggota 600.000 orang di 25 kota besar di Indonesia, turut memberikan dukungan untuk upaya pemberdayaan ekonomi kaum muda. “Saya yakin peran serta semua pihak dalam pengentasan penganguran akan mempercepat pembangunan di Indonesia, salah satunya melalui kegiatan Festival E-Karir ini.” tegas Bayu. 

Festival E-Karir ini diharapkan membawa dampak positif bagi kaum muda Indonesia dan terus terlaksana agar dapat menjangkau lebih banyak kaum muda Indonesia. Uang dan peluang masih ada, tetapi prioritas telah berubah, saatnya kaum muda mampu dan lebih berdaya di era digital.

Sekilas Plan Indonesia

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada tahun 2017. Kami bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan dengan cara memastikan anak mendapatkan akses pengasuhan, tumbuh dan berkembang bebas dari segala bentuk kekerasan, sehat secara fisik dan mental, berdaya dan mampu menjadi pemimpin. Plan Indonesia bekerja di delapan provinsi dan memberikan dukungan jangka panjang kepada sekitar 36.000 anak sponsor di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bersama kelompok dan jejaring kaum muda, kami bekerja untuk memastikan suara anak dan kaum muda terlibat dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan. Selain melakukan pendampingan dan kerja-kerja pembangunan komunitas di tingkat akar rumput untuk membantu memastikan tidak ada anak yang tertinggal (“no child left behind”), Plan Indonesia juga memiliki mandat tanggap bencana, dan melakukan respons tanggap darurat di Lombok dan Sulawesi Tengah. Informasi lebih lanjut: https://plan-international.or.id

Plan International

Plan International adalah organisasi pengembangan masyarakat dan kemanusiaan internasional yang berfokus pada pemenuhan hak anak dan kesetaraan anak perempuan. Kami memperjuangkan sebuah dunia yang adil untuk pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan, bekerja bersama anak, kaum muda, masyarakat dan mitra. Plan International bekerja bersama anak-anak, kaum muda dan masyarakat untuk mengatasi akar masalah diskriminasi terhadap perempuan, ekslusi dan kerentanan. Dengan capaian, pengalaman dan pengetahuan, Plan International mendorong perubahan dalam praktek dan kebijakan tingkat lokal, nasional dan global.

Plan International tidak berafiliasi dengan agama, organisasi politik atau pemerintahan tertentu. Lebih dari 80 tahun, Plan International membangun kemitraan yang kuat untuk hak anak. Saat ini kami bekerja di lebih dari 70 negara. Informasi lebih lanjut: https://plan-international.org

TopKarir Indonesia

PT Top Karir Indonesia adalah pemilik resmi situs www.topkarir.com yang berdiri pada pertengahan tahun 2015. Situsnya resmi beroperasi pada bulan Mei 2016. Kini ada lebih dari 53.000 Perusahaan (employer) yang telah menggunakan layanan TopKarir dan lebih dari 6.000.000 pencari kerja muda (job seeker). 

TopKarir memiliki tagline: "Portal Karirnya Anak Muda Indonesia" karena fokusnya sejak awal didirikan yaitu untuk membantu generasi muda Indonesia agar dapat mengembangkan karir mereka dengan baik. Presiden Komisaris: Andy F. Noya | Dewan Komisaris: Billy Boen, Ariadi Anaya, Tuti Hadiputranto, Anthony Pradipta | Dewan Direksi: Bayu Janitra, Diana Tanu

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Arif Hermanto (+62 87-1285-93-22) dari TopKarir Indonesia dan Intan Cinditiara (Olla) (+62 818 928764) dari Yayasan Plan International Indonesia. (Irwan Firdaus)