Rajinlah menggosok gigi agar imun tetap imun. (Ist)
JAKARTA – Di masa pandemi ini imun atau kekebalan tubuh harus selalu dijaga dengan menghindari kebiasaan sepele yang dapat merusaknya.
 
Seringkali kebiasaan ini diremehkan oleh banyak orang, dan tanpa disadari dapat merusak imun tubuh.
 
Seperti yang dilansir Bergelora.com dari laman Eatthisnotthat pada 18 Februari 2021, berikut ini kebiasaan sepele yang dapat merusak imun tubuh.
 
1. Malas menggosok gigi
 
Kesehatan gigi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dampak kebiasaan malas menggosok gigi terhadap imun yang rusak mungkin tidak langsung terlihat.
 
Tetapi malas menggosok gigi menyebabkan tumbuhnya bakteri pada gigi dan gusi yang dapat menyebabkan penyakit periodontal.
 
Penyakit ini dapat menimbulkan reaksi peradangan yang berlangsung lama. Akibatnya sistem kekebalan tubuh bekerja ekstra untuk melawan peradangan ini.
 
Apabila dibiarkan terlalu lama, sistem imun tubuh bisa rusak akibat kebiasaan sepele ini.
 
2. Mengonsumsi minuman yang manis
 
Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat. Kondisi ini diperparah dengan semakin banyaknya produk minuman manis yang beredar di pasaran.
 
Minuman manis tidak hanya menyebabkan gula darah naik, tetapi juga dapat merusak imun tubuh.
 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey orang yang sering mengonsumsi minuman manis memiliki tingkat peradangan dalam tubuh.
 
Adanya peradangan ini dapat menurunkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
 
3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin
 
Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan menaburkan garam pada setiap hidangan makanan.
 
Kebiasaan ini justru tidak baik untuk kesehatan dan juga merusak imun tubuh.
 
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan juga risiko penyakit jantung.
 
Terlalu banyak garam juga dapat menurunkan kekebalan tubuh. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengurangi konsumsi garam dalam makanan dapat memperpanjang umur Anda.
 
4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji
 
Kebiasaan ini dapat merusak imun atau kekebalan tubuh. Karena makanan cepat saji mengandung lemak, garam dan karbohidrat yang tinggi.
 
Sementara itu tubuh juga memerlukan serat, vitamin dan mineral untuk kelancaran metabolisme.
 
Menurut penelitian, gizi yang buruk memiliki konsekuensi negatif jangka panjang pada sistem kekebalan dan juga kesehatan.
 
Ada banyak makanan cepat saji di sekitar kita salah satunya mie instan. Sehingga Anda harus segera menghindari terlalu banyak mengonsumsi mie instan agar imun tubuh tetap terjaga.
 
5. Kurang tidur
 
Kebiasaan bergadang dan kurang tidur di waktu malam dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes dan juga merusak imun tubuh.
 
Untuk itu, jagalah waktu tidur Anda agar kekebalan tubuh semakin kuat, yakni tidur selama 7 sampai 9 jam setiap malam. (Enrico N. Abdielli)