Jumat, 19 April 2024

Waduh…! Kemenkes: Minum Air Kencing Unta Bisa Terjangkit Flu Unta

Minum air kencing Unta bisa terjangkit Flu Unta, sekalipun dicampur dengan air susu unta. (Ist)

JAKARTA- Video viral Bachtiar Nasir minum air kencing unta mendapat respons dari Kementerian Kesehatan. Konsumsi air kencing unta dinilai dapat terjangkit penyakit Middle East Respiration Syindrome Coronavirus (MersCov) atau flu unta.

Dampak buruk tersebut tidak dapat terhindarkan sekalipun air kencing unta yang diminum dicampur dengan air susu unta. Hal itu diutarakan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi merujuk pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO).

“WHO juga menekankan untuk tidak mempraktikkan minum susu unta bersamaan dengan air kencing unta, dikhawatirkan akan tertular penyakit flu unta,” kata Oscar kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat Senin (8/1) dan dikutip Bergelora.com Rabu (10/1).

Oscar memandang bukti ilmiah yang ada belum cukup meyakinkan. Dia menambahkan, sebaiknya masyarakat tidak mengonsumsi air kencing unta agar tidak tertular flu unta.

“Karena perlu pengembangan lanjut terhadap riset dan uji klinisnya,” tutur Oscar.

Sebelumnya, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir mengajak umat muslim Indonesia untuk meminum air kencing unta dengan dicampur susu unta. Menurut Bachtiar, air kencing unta dapat membunuh sel kanker dalam tubuh.

Bachtiar mengatakan, khasiat air kencing unta tersebut merujuk dari hasil riset yang dilakukan Dr. Faten Abdel-Rahman Khorshid. Dia adalah staf Universitas King Abdul Aziz yang juga staf Presiden Tissues Culture Unit Pusat Penelitian Medis King Fahd.

Pada laman baitulmaqdis.com disebutkan, riset dilakukan Faten dengan menggunakan air kencing unta, sel kanker yang diambil dari paru-paru pasien serta tikus yang disuntikkan sel kanker leukimia dan air kencing unta. Hasilnya, Faten menemukan partikel nano dalam air kencing unta dapat melawan sel kanker dengan baik.

“Membuktikan itu. Jadi bukan cuma menyembuhkan dari sel-sel kanker tapi juga menyehatkan sel yang tidak terserang,” kata Bachtiar kepada CNNIndonesia.com pada Jumat lalu (5/1).

“Mengandung zat obat di situ. Kalau dibilang halal, ya halal dalam pengertian untuk pengobatan,” ujarnya.

Bachtiar Nasir minum air kencing unta dengan merujuk Hadis Riwayat Ahmad nomor 2545. Dalam hadis itu disebutkan, “Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka.”

Dia juga mengutip Hadis Riwayat Ibnu Majah nomor 2568 serta Hadis Riwayat Bukhari nomor 2795 untuk menjelaskan air kencing unta halal untuk dikonsumsi dan baik bagi kesehatan.

“Hadis-hadis seputar khasiat ini sudah jelas. Dalam riwayat-riwayat yang sahih dan tidak lagi diperdebatkan,” ujar Bachtiar.

Bachtiar Nasir minum air kencing unta saat berkkunjung ke Arab Saudi beberapa waktu lalu. Di sana dia sempat bersilaturahmi dengan pentolan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru