Jumat, 29 Maret 2024

Bener Banget…! TKI Meninggal Di Malaysia Adalah Seorang Pahlawan

Bupati Lampung Timur (Non-Aktif) Chusnunia Chalim (Nunik) saat menjemput almarhum Firdiyanto, TKI yang meninggal di Malaysia di bandara Raden Inten, Lampung Selatan, Minggu (18/2). (Ist)

BANDAR LAMPUNG- Satu lagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Firdiyanto asal Lampung meninggal di Johor Bahru, Malaysia akibat kecelakaan transportasi. Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (Nunik) melaporkan dan menyatakan turut bela sungkawa kepada keluarga Almarhum Firdiyanto serta siap menjemput kedatangannya di Tanjung Karang.

“Bagi kami, TKI seperti almarhum adalah pahlawan, dan seluruh rakyat Lampung Timur menundukkan kepala dan berduka atas kepergiannya,” ujarnya kepada Pers saat menjemput di bandara Raden Inten, Bandar Lampung, Minggu (18/2).

Nunik menjelaskan bahwa ribuan orang yang bekerja di luar negeri, telah memberikan devisa terbesar setelah migas kepada negara Republik Indonesia.

Jenasah Firdiyanto disemayamkan di rumah di Lampung Timur (Ist)

“Negara harus memberikan penghormatan tertinggi bagi setiap TKI yang selama ini memberikan kontribusi pada keuangan negara. Selama ini mereka diabaikan, sudah sepatutnya kita menghormati para pekerja Indonesia di luar negeri,” ujarnya.

Nunik juga menyiapkan bantuan  bagi keluarga TKI almarhum Firdiyanto yang ditinggalkan. Menurutnya penanganan TKI dan keluarga TKI asal Lampung harus secepatnya diperbaiki. Caranya dengan mempersiapkan lapangan kerja yang luas bagi rakyat di desa-desa di seluruh Lampung. Hal ini sedang berjalan di Lampung Timur.

“Kita bentuk desk kreatif bekerjasama dengan kementerian tenaga kerja melakukan berbagai kegiatan ekonomi produktif pada mantan TKI dan keluarganya. Harapannya bisa membantu ekonomi keluarga sehingga mereka tidak perlu lagi,” jelasnya.

Nunik juga menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan pendampingan manajemen keluarga agar uang hasil kerja diluar negeri dapat digunakan untuk usaha produktif.

Almarhum Firdiyanto (Ist)

“Supaya jangan habis sekedar membangun rumah. Pokoknya kita bantu kelaurga TKI untuk punya usaha produktif,” tegasnya.

Disamping itu, disiapkan juga program lowongan kerja online yang bisa disambungkan dengan berbagai perusahaan di Lampung Timur dan seluruh Lampung agar rakyat bisa mendapatkan pekerjaan tanpa harus keluar Lampung apalagi keluar negeri.

“Lewat Online ini, mantan TKI dan keluarga serta seluruh masyarakat kita sambungkan dengan perusahaan-perusahaan setempat yang membutuhkan tenaga kerja,” jelasnya.

Kecelakaan Transportasi

Kepada Bergelora.com dilaporkan, satu lagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lampung meninggal di Johor Bahru, Malaysia. TKI ini bernama Firdiyanto, lahir di Sri Basuki 1990 dengan nomor Paspor B 7831470. Firdiyanto berasal dari Desa Sri Basuki,  Kecamatan Batang Hari, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Sesuai dengan surat keterangan kematian bernomor No : 63/02/SKMt/Kons-JB/2018 yang dikeluarkan Konsul Indonesia di Johor Bahru, Malaysia diterangkan bahwa Firdiyanto mengalami luka dikepala karena kecelakaan transportasi dan meninggal di  di Hospital Alor Gajah Melaka pada tanggal Jumat, 16 Februari 2018, Jam 00.30.

Surat keterangan yang ditandatangani oleh Konsul Muda Dania Soraya Yahya menerangkan jenazah akan dikirim ke Indonesia pada 17 Februari 2018 oleh Jasa Pengiriman A. RAHMAN dengan rute Kuala Lumpur – Jakarta – Lampung dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 817 pada pukul 19.00 dan tiba di Jakarta pada pukul 20.30. Kemudian dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 110 dari Jakarta pada pukul 05.45 dan tiba di Raden Inten, Lampung Selatan pukul 06.50

“Sehubungan dengan hal tersebut diatas, mohon dengan hormat kepada pihak-pihak Instansi pemerintah terkait di Malaysia dan Indonesia dapat memberikan kemudahan bagi kelancaran pemulangan jenazah almarhum tersebut ke Indonesia,” demikian Konsul Muda Dania Soraya Yahya dalam surat tersebut. (*)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,110PelangganBerlangganan

Terbaru