Presiden dan Ibu Negara berbelanja di Pasar Mama Papua di Kota Jayapura, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Rabu, (11/4). (Ist)

JAYAPURA- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menyempatkan berbelanja di Pasar Mama Papua, di Kota Jayapura, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Rabu, (11/4) petang.

Sesampainya di pasar, Presiden yang mengenakan kemeja putih langsung disambut oleh para penjual yang telah menunggu kedatangannya. Mama-mama Papua sangat gembira tertawa melihat kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini.

Sambil bersalaman dan berbincang dengan para mama Papua, Presiden pun langsung berbelanja di pasar itu, diantaranya membeli jambu.

Selanjutnya Presiden membeli beberapa sayuran seperti tomat, cabai, dan keladi. Presiden juga membeli sebotol madu. Terakhir, Presiden membeli sekitar ubi jalar.

“Bapa Jokowi terima kasih! Kitorang punya pasar lebih baik sekarang sudah untuk berjualan,” ujar seorang mama yang disambu tersenyum oleh Presiden Jokowi.

Presiden saat menyerahkan sertifikat di Lapangan Kantor Bupati Jayapura, Rabu (11/4). (Ist)

Pasar itu memang dibangun pemerintah atas perintah langsung Presiden saat berkunjung sebelumnya beberapa waktu lalu. Saat itu presiden prihatin melihat pasar yang kumuh dan mama-mama Papua yang berjualan di jalan.

Jangan Retak

Sebelumnya, rombongan Presiden Jokowi menuju kantor Bupati Jayapura untuk membagi sertifikat tanah kepada rakyat Papua. Sebelum membagi sertifikat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada rakyat Papua untuk selalu menjaga perdamaian dan persatuan menjelang pesta demokrasi dalam bentuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak di seluruh Tanah Air.

“Jangan sampai ada keretakan diantara kita saudara sebangsa se-Tanah Air gara-gara pesta demokrasi,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan 3.331 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat dari sejumlah daerah yang ada di Provinsi Papua, yang digelar di Lapangan Kantor Bupati Jayapura, Rabu (11/4) sore.

Warga Jayapura gembira sambut kedatangan Presiden Jokowi (Ist)

Baik pemilihan bupati, gubernur, dan tahun depan ada pemilihan Presiden, Presiden Jokowi mempersilahkan masyarakat Papua untuk berpesta demokrasi. Namun jika ada perbedaan pilihan di antara warga Papua, Presiden berharap jangan sampai menjadikan tidak saling sapa di antara saudara atau tetangga atau suku.

“Silahkan pilih pemimpin yang baik, setelah itu bapak dan ibu rukun kembali, bersaudara kembali,” tutur Presiden Jokowi.

Simpan Yang Aman

Terkait penyerahan 3.331 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat dari sejumlah daerah di Papua, Presiden Jokowi berpesan untuk menjaga sertifikat yang dimiliki di tempat yang aman. Mengingat, pentingnya sertifikat sebagai tanda bukti hak atas tanah yang dimiliki.

“Dimasukkan ke plastik, difotokopi, jadi kalau hilang ngurus-nya lebih gampang,” ujar Presiden.

Selain penting, Presiden mengingatkan, sertifikat juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa digunakan oleh masyarakat. Salah satunya sebagai agunan di bank untuk menambah modal usaha.

Tapi Presiden Jokowi berpesan agar hati-hati untuk menjadikan sertifikat sebagai agunan ke bank.

“Tolong dihitung, dikalkulasi bisa mencicil, bisa mengembalikan ndak setiap bulan? Kalau ndak, jangan,” ucap Presiden.

Sebelumnya dilaporkan setelah menempuh perjalanan sekitar lima jam dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana mendarat di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (11/4) pukul 15.20 WIT.

Dari bandara, Presiden beserta rombongan langsung menuju ke lapangan kantor Bupati Jayapura, untuk menghadiri acara penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat Jayapura dan sekitarnya.

Di sepanjang jalan menuju ke lapangan kantor Bupati Jayapura itu, tampak masyarakat terutama kalangan pelajar antusias menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Negara Iriana.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi, Presiden dan Ibu Iriana pun tak segan menyapa dan membagikan buku serta kaos kepada masyarakat.

Kepada Bergelora.com dilaporkan turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam acara tersebut adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Seketaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. (Sam Awom)