Jumat, 26 April 2024

Wah…! Kerusakan Tulang Mengintai Pasien Cuci Darah

Pasien gagal ginjal sedang melakukan cuci darah. (Ist)

JAKARTA- Dokter Pringgodigdo menyatakan pasien Gagal Ginjal yang sudah melakukan dialisis (cuci darah) harus rutin memeriksakan mineral. “Setiap 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan kalsium dan fosfat harus dicek. Untuk Hormon Paratiroid (PTH) setiap 3 (tiga) sampai 6 (enam) bulan. Jika PTH meningkat harus memeriksa  alkalin fosfatase setiap tahunnya,” ujarnya.

Pernyataan dokter bergelar Konsulen Ginjal Hipertensi (KGH) itu disampaikan dalam seminar awam yang diselenggarakan  Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI)  dengan tema “Waspada Kerusakan Tulang Pada Pasien Gagal Ginjal” di Jakarta, Minggu (30/9).

Bekerjasama dengan Fresenius Medical Care Indonesia, kata Astry Try Astuti selaku Senior Marketing Manager, seminar ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat khususnya  pasien Gagal Ginjal agar lebih menjaga kesehatan tulang.

“Komitmen kami untuk memberikan perawatan yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup pasien,” ungkapnya.

Dalam pemaparannya, kata dokter ahli Ginjal & Hipertensi ini, kerusakan tulang pada pasien Gagal Ginjal dapat disebabkan oleh gangguan mineral dan tulang.

“Gangguan itu terjadi ketika ketidakseimbangan kalsium dan fosfor dalam darah. Ketidakseimbangan mineral ini dapat mempengaruhi tulang, jantung dan pembuluh darah,” ujarnya dihadapan lebih dari 140 peserta.

Dokter yang berpraktek di RSCM ini menerangkan bahwa jaringan tulang secara terus menerus direnovasi dan dibangun kembali. Organ ginjal memainkan peran penting dalam mempertahankan massa dan struktur tulang yang sehat.

“Makin turun fungsi ginjal, maka kerusakan tulang semakin tinggi,” imbuhnya.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, lebih lanjut lagi dokter Pringgodigdo menjelaskan ginjal yang sehat menghilangkan kelebihan fosfor dari darah. Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal (rusak), kadar fosfor dalam darah bisa menjadi terlalu tinggi sehingga empat kelenjar kecil di leher yang disebut kelenjar paratiroid terstimulasi memproduksi hormon yang disebut hormon paratiroid (PTH).

“Hormon inilah yang memerintahkan ginjal supaya membuang fosfor yang tinggi dalam darah. Sama halnya dengan kadar kalsium dalam darah yang terlalu rendah, maka PTH juga akan semakin tinggi. Terlalu banyak PTH dalam darah akan menghilangkan terlalu banyak kalsium dari tulang dan membuat tulang menjadi rapuh bahkan dapat terjadi kalsifikasi (pengendapan kalsium) pada pembuluh darah yang meningkatkan resiko kematian pada pasien Gagal Ginjal,” tambahnya.

Dokter muda ini juga berpesan, untuk menghindari makanan yang tinggi fosfor, dan biasanya makanan tinggi fosfor cenderung tinggi protein. Padahal pasien Gagal Ginjal membutuhkan asupan protein yang tinggi untuk meningkatkan Hemoglobin (HB).

“Untuk menanganinya diberikan obat pengikat fosfor atau Kalsium Karbonat (CaCO3) dimakanan, dan dianjurkan minum obat tersebut bersamaan dengan makan. Supaya fosfor yang ada dimakanan bisa diikat oleh obat tersebut, sehingga tidak diserap oleh tubuh, sedangkan protein yang ada dimakanan tetap diserap,” ujarnya. (Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) (Petrus Hariyanto)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru