Jumat, 29 Maret 2024

PN Diminta Sidang Ulang Nenek Loeana

DENPASAR- Pengadilan Negeri (PN) Denpasar dinilai wajib membuka kembali persidangan perkara dugaan penipuan dan penggelapan uang puluhan miliar rupiah dengan terdakwa nenek Loeana Kangunnadhi (70). 
Pasalnya, nenek Loeana diketahui kesehatannya sudah pulih kembali dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

“Pengadilan wajib membuka kembali perkara (Loeana) ini. Tidak ada alasan tidak dibuka kembali, karena kondisi kesehatannya (Loeana) sudah terbukti pulih dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa,” tegas I Made Suardana, SH, MH, Direktur LABHI ( Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum Indonesia ) Bali ketika diminta tanggapannya, Rabu (6/8), di Denpasar.

Beberapa waktu lalu, majelis hakim di PN Denpasar diketuai Sugeng Riyono menghentikan perkara nenek Loeana ini karena alasan menderita sakit permanen. Loeana didakwa terkait perkara dugaan penipuan dan penggelapan dalam jual-beli sebidang tanah senilai puluhan miliar rupiah dengan korban Putra Mas Agung.

Namun tanpa disangka, Selasa (5/8) sekitar pukul 13.00 Wita, sejumlah wartawan memergoki Loeana sedang makan di restoran Le’ko di kawasan Renon Denpasar. Saat itu Loeana tampak sehat-walafiat. Bersama sekitar lima kerabatnya, Loena bisa berjalan sendiri tanpa dipapah atau menggunakan alat bantu.

Tak hanya itu, Loeana juga dengan lancar bisa menjawab setiap pertanyaan wartawan. Bahkan Loena juga bisa menulis saat diwawancarai wartawan. 

Di restoran itu Loeana tampak menikmati makan siang. Ketika mengetahui kehadiran wartawan di restoran Le’ko tersebut, Loeana terkesan seperti “gugup”. 

Saat didatangi wartawan ketika sedang makan, Loeana mengaku dirinya sehat. Namun setelah makan, Loeana mendatangi meja tempat beberapa wartawan yang juga sedang menikmati makan siang di restoran tersebut. Seketika itu Loeana meminta wartawan agar menghubungi adiknya, Andre Kangunnadhi. 

Sejurus kemudian Loeana menulis alamat beserta nomor telepon Vila Kresna di Seminyak, Kuta-Bali, tempat adiknya tinggal. 

Sewaktu wartawan kembali menanyainya, Loeana spontan menjawab belum sehat sepenuhnya. “Apa bu Loeana sekarang sudah sehat?”, tanya wartawan. Menanggapi hal ini Loeana langsung menjawab tidak sehat.

“Mana bisa sehat, jalan juga masih belum lancar,” tutur Loeana. 

Beberapa wartawan melihat ada beberapa “kejanggalan” dalam diri Loeana. Pertama, Loeana sangat lancar berjalan dan tidak ada yang memapahnya atau memakai alat bantu berjalan. Namun ketika ditanya wartawan, Loena memberikan jawaban yang terkesan “plin-plan”. Awalnya mengaku sehat, tapi kemudian menyatakan belum sehat.

Keanehan kedua, Loeana bisa lancat menulis dengan tangannya sendiri. “Kok aneh sekali, kalau sakit permanen mana mungkin bisa lancar menulis. Berarti dia (Loeana) sehat, soalnya bisa mengingat nomor telepon dan alamat Villa Kresna,” imbuh wartawan sambil menggelengkan kepala tanda keheranan. 

Dari kenyataan ini diduga keras bahwa selama ini Loeana berpura-pura sakit keras guna menghindari proses hukum. Kejadian ini hendaknya menjadi “perhatian” serius dari aparat penegak hukum agar tidak ada pihak yang terkesan bisa “mempermainkan” hukum dengan berpura-pura sakit.

Made Suardana yang juga praktisi hukum ini menjelaskan, pihak kejaksaan juga bisa kembali melaksanakan tugasnya guna menuntaskan perkara ini hingga ada kepastian hukum, sehubungan telah pulihnya kesehatan Loeana. Dalam hal ini, menurut Suardana, perkaranya bisa dibuka kembali.

Mantan Ketua Ikadin Bali ini mengakui kondisi kesehatan seseorang bisa berubah-ubah. “Bisa saja pemeriksaan terdahulu menyatakan dia (Loeana) sakit. Tapi kondisi kesehatan kan bisa berubah-ubah. Kalau sekarang dia (Loeana) terbukti sudah bisa berjalan, apalagi bisa melakukan aktivitas seperti biasa, tentu perkaranya bisa disidangkan kembali. 

“Tidak tertutup kemungkinan seseorang itu pulih kembali kesehatannya,” tutur Suardana. Ia menilai perkara nenek Loeana ini sangat kontroversial. (Wayan Sujana)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,110PelangganBerlangganan

Terbaru