Hukum
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. (Ist)
MANADO- Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol RZ Panca Putra melalui Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 wajib dipatuhi oleh seluruh masyarakat di Indonesia.
 
"Maklumat ini diterbitkan bertujuan untuk memutus dan mencegah rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19 saat libur panjang akhir tahun," kata Abraham Abast, di Manado, Minggu (27/12).
 
Ia mengatakan Maklumat Kapolri tentang protokol kesehatan itu diterbitkan dengan mempertimbangkan penanganan penyebaran COVID-19 secara nasional yang belum sepenuhnya terkendali dan masih berpotensi berkembang luas dalam masyarakat.
 
"Maklumat ini juga bertujuan memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru Tahun 2021," katanya.
 
Kabid Humas berharap seluruh lapisan masyarakat dapat mematuhinya dan saling mengingatkan, agar tidak terjadi klaster baru dalam penyebaran COVID-19.
 
Dalam maklumat tersebut diserukan agar seluruh lapisan masyarakat tidak menyelenggarakan pertemuan, kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa perayaan natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta atau perayaan malam pergantian tahun, kemudian arak-arakan, pawai dan karnaval serta pesta penyalaan kembang api.
 
"Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan," katanya.
 
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis telah menerbitkan Maklumat bernomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, tanggal 23 Desember 2020.
 
Kepada Bergelora.com.dilaporkan sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis telah menerbitkan dua kali Maklumat Kapolri soal COVID-19 yakni maklumat pertama tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran COVID-19 tertanggal 19 Maret 2020 dan maklumat kedua tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 tertanggal 21 September 2020. (Herny Sualang)
 

Add comment

Security code
Refresh