Hukum
Bripda Eny Setyaningrom (kiri) dan Bripda Azura Syafira (Ist)

JAKARTA – Bripda Eny Setyaningrom adalah seorang Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas sebagai Sekretasris Pribadi (Spri) Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH.

Sebagai Polwan, dan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Polwan ke-69, Bripda Eny bersyukur posisi Polwan di tubuh Polri saat ini semakin sejajar dengan Polisi Laki-laki (Polki), dalam peran maupun jabatan.

Ia mengajukan Polwan yang tergabung dalam Tim Jaguar Polresta Depok, yang sudah sangat terkenal, sebagai contohnya.

“Bukan hanya Polki saja yang bisa melawan bahkan menangkap pelaku kejahatan dan melakukan tugas operasional lainnya,” tegasnya.

Ia juga melihat sudah banyak Polwan yang menjadi pimpinan, seperti Brigjen Pol Sri Handayani yang sekarang menjabat sebagai Kasetukpa Polri, Irjen Pol (Purnawirawati) Basaria Panjaitan yang sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua KPK, dan banyak lagi.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, dara kelahiran Jakarta, 24 Mei 1998 ini berharap, di usianya yang ke-69 ini peran Polwan dapat semakin dimaksimalkan, terutama pada bidang yang kurang efektif jika dilakukan Polki, seperti pada bidang pelayanan perempuan dan anak (PPA) di bawah naungan reserse kriminal (Reskrim).

Namun demikian, Bripda Eny yang sehari-hari juga bertugas sebagai pengelola Media Sosial (Medsos) Baharkam Polri, tak dapat memungkiri bahwa perkembangan medsos saat ini bisa juga berimplikasi terhadap anggota Polwan. Ia memandang itu sebagai tantangan yang harus disikapi dengan arif dan bijaksana.

“Lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial, memperhatikan setiap tindakan yang akan kita lakukan dalam media sosial dan menggunakan bahasa yang tepat, bisa menempatkan diri kita sebagai Polwan yang ada batasan-batasannya,” kata perempuan yang mengaku hobi berenang ini.

Ia berharap, peringatan hari jadi ini dapat dijadikan momentum bagi Polwan untuk terus mengembangkan diri. Apalagi, peringatannya kali ini bertepatan dengan Idul Adha 1438 H, yang menurutnya dapat dijadikan ajang untuk melakukan hal-hal positif seperti berqurban atau menyelenggarakan bakti sosial.

“Untuk Polwan seluruh Indonesia, selalu jaya. Jadilah melati pagar bangsa, bukan mawar penghias taman,” ungkap sang Polwan berhijab. (Iman Firmansyah)

 

Add comment

Security code
Refresh