Sabtu, 20 April 2024

Mantap..! Kapolri Tito: Kelebihan Densus Tipikor Networknya Satu Komando

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian beberkan kelebihan Densus Anti-Korupsi yang pembentukannya sedang direncanakan Polri.

“Kelebihan Densus ini karena networknya yang satu komando,” kata Jenderal Pol Tito Karnavian saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/10).

Kapolri menjelaskan, dengan kekuatan yang dimiliki Polri yakni jumlah personel yang menyebar hingga ke pelosok-pelosok daerah, yang disebutnya sebagai “mesin besar”, akan mampu melaksanakan upaya perang terhadap tindak pidana korupsi secara lebih efektif.

“Kita harapkan mesin ini bisa bergerak,” ungkap Jenderal Pol Tito Karnavian.

Jenderal Pol Tito Karnavian juga menekankan pada hubungan kerja sama dengan kejaksaan agar kasus yang ditangani dapat diselesaikan dengan lebih baik.

“Nanti ada tim Kejaksaan yang khusus ditugaskan koordinasi dengan Densus Tipikor ini sehinga [berkas perkaranya] tidak bolak-balik,” katanya

Selain itu, Kepada Bergelora.com dilaporkan, jika Densus Anti-Korupsi ini dapat terwujud, Kapolri menekankan aspek pencegahan akan diutamakan.

Menurutnya, konsep yang paling utama yang harus segera dilaksankan dalam rangka pencegahan korupsi adalah bagaimana pemerintah membuat sistem digital dalam penyelenggaraan sistem birokrasi.

“Selagi dilaksanakan secara manual, kemungkinan penyimpanhan akan sangat basar sekali,” tegasnya.

Namun, menurut Jenderal Pol Tito Karnavian, Densus Tipikor sampai saat ini belum terbentuk karena belum ada persetujuan dari Pemrintah. Walau demikian, pihaknya akan terus mempersiapkan mulai dari konsep hingga perencanaan anggarannya. (Enrico N. Abdielli)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru