Hukum
Irwasum Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno. (Ist)

JAKARTA – Apakah Anda pernah mendengar operasi kepolisian terpusat bernama Operasi Zebra, Operasi Patuh, Operasi Lilin, atau Operasi Ramadniya?

Nama-nama tersebut adalah operasi kepolisian yang mengedepankan fungsi lalu-lintas (Lantas), reserse, dan intelijen.

Mulai tahun depan, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan memiliki operasi baru. Operasi khusus yang satu ini akan mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat (Binmas).

“Pada tahun 2018 nanti akan ada operasi khusus di bidang Binmas, dengan anggaran yang cukup besar, yang sekarang sedang digodok oleh Korps Binmas untuk bagaimana implementasinya di kewilayahan,” kata Irwasum Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, bocoran tersebut disampaikan saat mantan Kabaharkam Polri itu memberikan arahan dalam Upacara Farewell and Welcome Parade Kabaharkam Polri di Mako Korpolairud Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (22-11-2017).

“Bersyukur bahwa Bapak Kapolri kita sekarang besar perhatiannya kepada fungsi pencegahan yang ada di jajaran Baharkam,” ungkap Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Sementara Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, sebagai Kabaharkam Polri yang baru, menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang serius menyusun rencana aksi dari operasi baru ini.

“Sasarannya, ya, tadi yang saya katakan, supaya masyarakat itu mempunyai daya cegah dan daya tangkal, dia [masyarakat ] mampu percaya diri untuk mengamankan lingkungannya yang ada di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Ketika ditanya, apakah operasi baru ini ada kaitannya dengan program pemolisian masyarakat (Polmas)? Komjen Pol Moechgiyarto membenarkan hal itu.

“Hampir sama memang. Di situ, Polmas kan strateginya. Strategi Polmas itu strategi bagaimana Polisi itu, istilahnya, memberdayakan masyarakat yang ada. Tapi bukan dipaksa oleh pihak Kepolisian. Tumbuh dari lingkungan mereka masing-masing,” ungkap Komjen Pol Moechgiyarto.

Harapannya, lanjut Komjen Pol Moechgiyarto, operasi baru ini nantinya bisa mencapai sasaran sesuai dengan strategi Polmas tersebut.

“Selama ini operasi dititikberatkan kepada penegakan hukum saja. Nah, sekarang kita akan ada operasi Binmas. Operasi yang mencegah dan menangkal supaya tidak terjadi ganguan kamtibmas,” tegas Komjen Pol Moechgiyarto. (Enrico N. Abdielli)

 

Comments   

0 #1 Margarito 2017-11-28 00:32
I have checked your website and i've found some duplicate content, that's why
you don't rank high in google's search results, but there is a tool
that can help you to create 100% unique content, search for: Boorfe's tips unlimited content

Feel free to surf to my website MagdalenaSmall: https://Wilbur33.wix.com
Quote

Add comment


Security code
Refresh