Jumat, 26 April 2024

SINTING…! Dua Truk Buku Dimusnahkan dan Dijual ke Tukang Loak, Asvi Warman Adam: Kepala LIPI Harus Tanggung Jawab!

Peneliti politik senior LIPI DR. Asvi Warman Adam. (Ist)

JAKARTA- Peneliti politik senior LIPI Asvi Warman Adam mengatakan hal serupa. Dia mengamini bahwa tesis dan disertasi di PDII telah dihilangkan. Asvi menyebut ada 30 ribu tesis dan disertasi yang hilang dari perpustakaan PDII. Meski demikian Asvi belum bisa memastikan karya-karya itu dimusnahkan seperti dikatakan Haris.

“Jumlahnya 30 ribu. Berdasarkan informasi yang saya terima, penghilangan itu terjadi pada 9 dan 10 Februari atau akhir pekan. Jadi pas enggak ada orang,” ucap Asvi kepada Pers di Jakarta Senin (12/3).

Asvi pun menyebut penghilangan karya ilmiah itu imbas dari reorganisasi yang dilakukan Kepala LIPI Laksana Handoko.

Sejarawan itu menduga ruangan perpustakaan PDII tempat penyimpanan tesis dan disertasi akan digunakan sebagai ruang baru karyawan yang terkena reorganisasi. Karenanya tesis dan disertasi yang dikorbankan.

“Ini bagian dari dampak, karena reorganisasi itu kan membutuhkan ruang baru untuk pegawai administrasi yang direorganisasi,” ucap Asvi.

Asvi lalu mengatakan bahwa kepala LIPI Laksana Handoko harus bertanggung jawab mengembalikan ribuan tesis dan disertasi tersebut.

“Kepala LIPI harus bertanggung jawab mengembalikan itu karena kepala PDII bertanggung jawab langsung kepada kepala LIPI,” ujar Asvi

Sebelumnya kepada Bergelora.com dilaporkan, Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyebut tesis dan disertasi di Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI telah dimusnahkan.

Dia tidak mengatakan jumlah secara rinci, namun diperkirakan tesis dan disertasi itu diangkut oleh dua truk.

“Rencana mau atau akan didigitalisasi, tapi digitalisasi belum dilakukan namun dua truk buku, disertasi dan tesis sudah dikiloin dan dimusnahkan,” tutur Haris di Jakarta Senin (11/3).

Haris menyebut itu semua adalah bagian dari kebijakan reorganisasi karyawan yang dilakukan kepala LIPI Laksana Handoko. Diketahui, Haris bersama sejumlah peneliti lainnya sempat mengadu ke DPR karena tidak setuju dengan kebijakan reorganisasi tersebut.  (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru