Kamis, 28 Maret 2024

MANTAAAP…! SPN Siap Kawal Program Jokowi Mempercepat Pembangunan Industri

Ketua Umum Serikat Pekerja Nasional (SPN), Djoko Heriyono dan Menko Maritim dan Sumberdaya, Luhut Binsar Panjaitan. (Ist)

JAKARTA-  Serikat Pekerja Nasional (SPN) akan mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amien pada periode 2019-2024 yang akan mendorong tenaga kerja dalam negeri untuk mengikuti berbagai program vokasi yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan berbagai insutri dalam negeri. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Serikat Pekerja Nasional (SPN), Djoko Heriyono kepada Bergelora.com di Jakarta, Kamis (11/4).

“Pak Luhut Panjaitan sudah memberikan arahan agar kami bersiap-siap untuk mendukung program-program vokasi yang diperluas. Agar kita kaum pekerja benar-benar bisa menjadi tulang punggung industri dalam negeri,” jelasnya.

Sebelumnya Menko Maritim dan Sumberdaya Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan bahwa pengembangan industri untuk lapangan kerja harus dimulai dengan mendukung program vokasi sesuai kebutuhan akan digenjot supaya tenagakerja lokal bisa menggantikan tenaga asing yang ada.

“Jadi semua nanti yang menjalankan semua industri sudah putra putri kita sendiri. Program pelatihan vokasi berkompetensi untuk mendapatkan sertifikat dan penempatan kerja. Semua akan dapat tunjangan dari pemerintah dalam upaya menyiapkan tenaga terampil dan handal,” kata Djoko Heriyono mengutip Luhut Panjaitan saat bertemu seusai acara jalan sehat di Serang, Banten, Minggu (7/4) lalu.

Saat itu juga, kepada Luhut Panjaitan, Djoko Heriyono menyampaikan agar pemerintah memastikan jaminan  kepastian kerja dan jaminan sosial pada kaum pekerja.

“Saya sampaikan bahwa buruh butuh jaminan kepastian kerja dan Kepastian Jaminan Sosial sebelum selama dan sesudah purnabakti Kerja,” jelasnya.

SPN juga menurut Djoko Heriyono meminta agar pemerintah merevisi sistim pengupahan menjadi lebih bermanfaat bagi keluarga pekerja, yaitu upah berdasarkan pekerjaan, prestasi, produktifitas dan kompetensi keahlian.

“Upah minimum terukur sesuai dengan nilai Kebutuhan Hidup Layak pekerja tanpa keterampilan dan masa kerja nol tahun,” katanya.

Deklarasi Mendukung Jokowi-Ma’aruf

Sebelumnya, SPN sudah mendeklarasikan dukungan penuh kepada Presiden Joko Widodo untuk memimpin kembali Indonesia 2019-2024 yang akan datang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum SPN, Djoko Heriyono di Jalan Cemara 19, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (4/4).

“Kami SPN mendukung calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo dan KH Ma’aruf Amien. Karena selama ini pemerintahan Jokowi telah memberikan pelatihan  vokasi secara luas yang meningkatkan kemampuan tenaga kerja pelatihan. Selama pelatihan juga diberikan tunjangan. Presiden Jokowi telah membangun optimisme pembangunan sumberdaya manusia dengan menyiapkan kartu kuliah,” jelasnya.

Menurut Djoko, yang dibutuhkan saat ini adalah mengawal semua program Presiden Jokowi dibidang tenaga kerja dan pembangunan dalam negeri. Sehingga seluruh rakyat bisa menikmati hasil dari pembangunan yang sistimatis dan maksimal.

“Kaum buruh wajib mengawal semua kebijakan Presiden Jokowi sampai 2024 dibidang ketenagakerjaan yang meningkatkan hubungan industrial harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat,” tegasnya.

Menurutnya ada beberapa hal yang penting untuk dituntaskan oleh pemerintahan Presiden Jokowi yang kedua 2019-2024 yaitu penegakan hukum ketenagakerjaan dan perbaikan jaminan sosial untuk pekerja yang masih harus terus di benahi.

“Terutama buruh dalam proses PHK dan yang di PHK untuk mendapat jaminan sosial dan Keterampilan alternatif interprenurship,” tegasnya. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,110PelangganBerlangganan

Terbaru