Politik
Romo Antonius Benny Susetyo dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). (Ist)

JAKARTA- Marak berdirinya klaim ‘kerajaan’ dan ‘kekaisaran’ belakangan ini adalah fenomena dari sebuah utopia dimana orang bermimpi untuk menjadi kaya dan menjadi pejabat tanpa proses kerja keras. Hal ini ditegaskan oleh Romo Benny Susetyo dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) kepada Bergelora.com di Jakarta, Kamis (23/1).

“Mimpi-mimpi itu dikomidikasi dalam jaringan media sosial dengan kekuatan persuasif yakni membujuk dengan  menggunakan dunia mitos yang disublimasikan dalam kesadaran,” jelasnya.

Menurutnya dunia bawah sadar disentuh dengan menggunakan kekuatan media sosial disebarkan secara massif dalam dunia maya.

“Publik mudah terkecoh karena budaya membaca yang rendah yang mengakibatkan  orang lebih percaya dengan dongeng suci yang di sebarkan dari mulut ke mulut menjadi keyakinan,” jelasnya.

Kedepan menurutnya menurut Romo Susetyo dibutuhkan kesadaran kritis bagi masyarakat dengan mendidik siswa menjadi manusia-manusia merdeka. Orientasi pendidikan harus membebaskan manusia dari mitos yang tidak rasional.

“Pendidikan membuat siswa menjadi manusia memiliki kedewasaan dalam berpikir, bertindak dan bernalar. Mereka harus dijiwai nilai kemanusian, keadilan, toleran dan memiliki kepekan dan solidaritas kemanusian. (Web Warouw)

Add comment

Security code
Refresh