Politik
Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Dr. Rima Agristina menyampaikan bahwa aplikasi tersebut bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap Kedeputian di lingkungan internal BPIP di Jakarta, Jumat (29/8). (Ist)

JAKARTA- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mensosialisasikan aplikasi berbasis website yaitu SiPendekar Pancasila di lingkungan internal. SiPendekar merupakan kepanjangan dari ‘Aplikasi Pengendalian dan Evaluasi Kegiatan Reguler Pembinaan Ideologi Pancasila’. Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Dr. Rima Agristina menyampaikan bahwa aplikasi tersebut bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap Kedeputian di lingkungan internal BPIP.

“Tugas Badan pembinaan Ideologi Pancasila tidak sederhana, BPIP tidak hanya harus berbicara tentang Pancasila dalam tindakan pada hari ini, tapi juga harus berbicara untuk Pancasila hari esok dan masa depan Indonesia. Oleh karenanya, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana mengintegrasikan informasi secara reguler di lingkungan BPIP, agar dapat melaksanakan program dan kegiatan ke depan yang lebih dirasakan dampak manfaatnya oleh seluruh pemangku kepentingan khususnya masyarakat Indonesia," ujar Rima saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SiPendekar Pancasila di Jakarta, Jumat (28/8).

Kepada Bergelora.com dilaporkan, lebih lanjut Rima Agristina berharap nantinya seluruh kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh BPIP bisa digunakan oleh peserta program/kegiatan dari BPIP sehingga terjadi sinergi dalam melaksanakan Pancasila dalam tindakan.

“Aplikasi SiPendekar Pancasila bertujuan untuk mengendalikan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan regular pembinaan ideologi Pancasila yang dilaksanakan oleh kedeputian di lingkungan BPIP melalui pengumpulan data dan informasi kegiatan berbasis elektronik,” kata Rima.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pengendalian Kedeputian bidang Pengendalian dan Evaluasi Mukhammad Fahrurozi menyampaikan bahwa tujuan dibuatnya aplikasi ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kinerja BPIP.

“Aplikasi ini memudahkan kita untuk menyimpan dan mengarsipkan seluruh kegiatan yang diselenggarakan BPIP. Selain itu, memudahkan pimpinan untuk memantau perkembangan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPIP,” ungkap Fahrurozi.

Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis diikuti oleh seluruh utusan masing-masing unit di lingkungan internal BPIP yang nantinya akan menjadi operator di unit masing-masing Kedeputian dalam menginput program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sementara itu Kasubdit Pengendalian II, Riswan menjelaskan mekanisme penggunaan aplikasi SiPendekar kepada para perwakilan dari Kedeputian dan Direktorat di lingkungan internal BPIP.

“Aplikasi ini juga bisa di akses melalui android. Operator disetiap direktorat diharapkan menginput setiap kegiatan. Pada aplikasi ini terdapat beberapa menu inputan antara lain prioritas kegiatan, lokasi, sumber anggaran dan waktu pelaksanaan, data tersebut akan termonitor,” ungkap Riswan.

Sosialisasi dan Bimbingan teknis SiPendekar di ikuti oleh 50 peserta internal BPIP dengan narasumber Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol covid 19 yaitu menggunakan masker serta jaga jarak. (Web Warouw)

Add comment

Security code
Refresh