Politik
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Ist)
JAKARTA- Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menggelar rapat koordinasi bersama TNI-Polri pada Senin (1/2). Rapat dilakukan secara virtual dan disaksikan seluruh jajaran Kodam dan Polda.
 
Rapat ini membahas penanganan COVID-19 dan operasi penegakkan protokol kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.
 
Dalam arahannya, Luhut mengatakan penularan COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Meningkatnya penularan akibat kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan terus mengalami penurunan.
 
“Oleh sebab itu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan operasi yustisi untuk penegakan disiplin protokol kesehatan harus menjadi perhatian dari pejabat daerah," kata Luhut dalam paparannya.
 
"Selain itu perlunya peningkatan manajemen perawatan pasien COVID-19 untuk menurunkan mortality rate dan meningkatkan recovery rate serta penanganan secara spesifik klaster-klaster COVID-19 di setiap daerah,” tutur Luhut.
 
Kepada Bergelora.com dilaporkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga hadir dalam rapat ini. Hadi memastikan TNI akan mendukung operasi penegakkan pendisiplinan protokol kesehatan. Operasi akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.
 
“Mulai tanggal 31 Januari sampai dengan 8 Februari 2021, aparat TNI di seluruh wilayah Indonesia bersama Polri akan mendukung pemerintah daerah dalam melaksanakan operasi penegakkan protokol kesehatan," kata Hadi.
 
"Khususnya anjuran menggunakan masker di titik-titik keramaian. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran COVID 19 di daerah-daerah,” tutur dia.
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut penerapan PPKM tak efektif dalam rapat terbatas bersama sejumlah Kabinet Indonesia Maju.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membantu mendisiplinkan masyarakat selama PPKM periode 26 Januari hingga 8 Februari. (ZKA Warouw)
 
 

Add comment

Security code
Refresh