Politik

JAKARTA- Gagasan Panglima TNI, Jenderal Moeldoko untuk dilakukan peningkatan kesejahteraan prajurit di wilayah perbatasan diharapkan agar bisa direalisasikan secepatnya berkolaborasi dengan Pemda setempat.

 "Itu adaah bagian peningkatan kewaspadaan pengamanan di perbatasan, Demikian anggota Komisi I DPR-RI, Evita Nursanty kepada bergelora.com, di Jakarta Jumat (9/5).

Menurutnya, memastikan kesejahteraan prajurit adalah prasyarat utk memaksimalkan dan mengefektifkan peran dan fungsi pertahanan negara di perbatasan

"Ini harus pula berkolaborasi dengan pemda setempat. Sebab pengamanan perbatasan meski domain pemerintah pusat tapi juga beririsan dengan kepentingan pemda setempat. Apalagi anggaran pertahanan juga relatif belum ideal," ujarnya.

Kerja sama dengan pemda setempat menurutnya memiliki 4 keuntungan, yaitu, terbangun solidaritas bahwa pengamanan perbatasan memang menjadi tugas utama TNÍ. Tapi institusi terkait dapat bersinergi dalam pengamanan perbatasan dengan berbagai tingkatan

Kedua menurutnya, TNI menjadi bagian terintegral dari komponen. Bangsa dalam pengamanan perbatasan apalagi sudah ada BNPP yang juga memiliki peran dan fungsi pengamanan perbatasan.

"Dukungan pemda menjadi titik krusial dalam pembangunan masyarakat perbatasan. Ini akan mendorong pembangunan perbatasan yang juga menjadi konsern dari pemda dan institusi terkait lainnya," jelasnya.

Peningkatan kesejahteraan prajurit diperbatasan menurutnya juga berarti akan mengurangi kemungkinan penyimpangan peran dan fungsi dari oknum prajurit. (Web Warouw)

Add comment

Security code
Refresh