Jumat, 29 Maret 2024

Kereen..! Kunjungi Moscow, Menko Wiranto Jalin Kerjasama Melawan Terorisme

Menko Polhukam Wiranto bersama pejabat di Kementerian Polhukam melakukan konsultasi bilateral RI-Rusia khusus mengenai masalah keamanan di Moscow, Selasa (23/5). (Ist)

MOSCOW – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto melakukan kunjungan kerja ke Moscow, Rusia, usai mendampingi Presiden RI menghadiri Arab Islamic-Amerika Summit. Dalam kunjungannya, Menko Polhukam melakukan konsultasi bilateral RI-Rusia terkait masalah keamanan.

Dalam konsultasi tersebut, sejumlah masalah yang dibahas yaitu kerjasama tehnis militer dan alutsista, kerjasama penanganan terorisme dan pertukaran data intelijen, kerjasama unit intelijen keuangan guna mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme, kerjasama penanganan narkotika, dan kerjasama cyber.

Selain itu, Menko Polhukam juga menjelaskan mengenai strategi pertahanan Indonesia yang sangat berhubungan dengan tingkat ancaman di Indonesia. Dikatakan, saat ini tingkat ancaman sudah berubah jauh, dari ancaman tradisional yang bersifat militer menjadi ancaman yang lebih konvensional dan masuk dalam spektrum kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Yang sekarang sedang menjadi perhatian kita yaitu bagaimana kita mampu melakukan satu konsep pertahanan yang lebih komprehensi dari segala aspek kehidupan kita sehingga kita bisa menangkal berbagai ancaman baru itu. Misalnya saja masalah terorisme, radikalisme, ilegal fishing, ilegal logging, human trafficking, perdagangan obat-obatan, itu sekarang ancaman nyata yang sedang dihadapi oleh Indonesia dan kita sedang melakukan satu langkah tepat dalam menyusun satu strategi pertahanan yang seimbang,” kata Menko Polhukam Wiranto, Selasa (23/5).

Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam juga menyampaikan harapannya terhadap Diaspora Indonesia. Ia berharap keberadaan diaspora Indonesia dapat mempunyai karakter khusus yang warnanya adalah Aku Indonesia. Menurutnya, banyaknya putra dan putri Indonesia yang menyerap ilmu hingga ke luar negeri merupakan rahmat yang patut disyukuri.

“Keberadaan diaspora Indonesia ini di satu sisi menjadi rahmat bagi bangsa dan rahmat itu harus kita kapitalisasi untuk menjadi kekuatan. Sehingga jangan sampai terbalik, justru rahmat yang begitu besar tidak ada manfaatnya bagi negeri ini,” kata Menko Polhukam Wiranto saat melakukan interview di Moscow, Selasa (23/5).

Kepada Bergelora.com dilaporkan, saat ini Indonesia sedang terus melakukan usaha yang tidak kenal lelah dalam menghadapi persaingan global. Menurutnya, Indonesia bisa memenangkan persaingan ini karena memiliki national resources yang kuat.

“Tapi yang paling penting adalah kita punya human capital yang bisa kita tingkatkan kekuatannya dalam konteks persaingan global. Harapan saya diaspora Indonesia mampu mempunyai satu karakter khusus yang warnanya adalah Aku Indonesia, Aku adalah Milik Indonesia dan Aku Memiliki Indonesia. Kalau perasaan itu ada saya kira manfaatnya akan sangat besar bagi Indonesia,” kata Menko Polhukam Wiranto. (Telly Nathalia)         

              

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,110PelangganBerlangganan

Terbaru