Jumat, 29 Maret 2024

Catatan Tjahjo Kumolo : Mengapa Pancasila Cenderung Pudar!

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Ist)

JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri paling bertanggung jawab untuk menggelorakan kembali nilai-nilai Pancasila dalam pemerintahan dan masyarakat Indonesia. Dibawah ini catatan tanya jawab Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo tentang nilai-nilai Pancasila yang didapatkan Bergelora.com dari situs www.tjahjokumolo.com di Jakarta, Selasa (7/6)

Apa sajakah yang menyebabkan kecenderungan pudarnya nilai-nilai Pancasila di sebagian kalangan ?

a. Karena tidak dituturkan Dari generasi ke generasi dengan baik;
b. Kurangnya  tokoh keteladanan;
c. Praktek-praktek pembangunan yang menyisakan kemiskinan, ketidakadilan, kerusakan lingkungan fisik, sosial dan budaya;
d. Dekadensi moral, dll
e. Individualisme dan kapitalisme serta liberalism
f. Tumbuhnya paham-paham radikal baik kanan maupun kiri

Apa dampaknya bagi Indonesia bila Pancasila tidak lagi menjiwai sendi-sendi berbangsa dan bernegara?

Indonesia tanpa Pancasila jelas kehilangan ke-Indonesiaan-nya. Hal itu akan mengarahkan Indonesia kepada perpecahan, yang pada akhirnya akan merongrong kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka.

Perlukah mengadakan kembali Penataran P4? Mengapa?

P4 (Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) terkesan sangat indoktrinasi. Saat ini dibutuhkan sistem pembinaan Pancasila yang dialogis. Dengan menggunakan cara-cara andragogis yang membuat partisipan menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Pancasila perlu diajarkan secara kontekstual, tidak sekedar hapalan.

Apakah kesadaran Pancasila mampu mencegah radikalisme?

Jelas sangat mampu. Dengan berPancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, sesorang akan melaksanakan syariat agamanya dengan baik. Pada saat yang sama dia akan sangat toleran terhadap saudara sebangsanya yang beragama lain untuk menjalankan ajaran agamanya. Dengan Pancasila kita bisa menjadi lebih inklusif. Dengan berPancasila kita juga lebih humanis, mendahulukan Persatuan Bangsa, Demokratis, serta menjunjung nilai-nilai keadilan sosial.

Adakah pihak yang diuntungkan dengan memudarnya Pancasila? Mengapa?

Memudarnya Pancasila berarti runtuhnya Karakter Bangsa Indonesia. Runtuhnya Karakter Bangsa memperlemah ketahanan nasional Indonesia. Pada akhirnya hancurlah NKRI yang kaya akan sumberdaya alam dan manusianya. Siapa yang diuntungkan? Tentu bangsa-bangsa kolonialis serta kaum kapitalis yang sedang memburu SDA (makanan, energi, dan lainnya). Bangsa-bangsa tersebut pasti berkolaborasi dengan kelompok-kelompok kepentingan yang opportunis  di dalam negeri, yang menggunakan berbagai atribut. (Kanya E. Graciella)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,110PelangganBerlangganan

Terbaru