Politik
Kedatangan rombongan delegasi Indonesia ke Tiongkok yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan pada hari Rabu (15/6) disambut hangat oleh Sekretaris Komisi Politik dan Hukum Partai Komunis Tiongkok Meng Jianzhu.

BEIJING – Kedatangan rombongan delegasi Indonesia ke Tiongkok yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan pada hari Rabu (15/6) disambut hangat oleh Sekretaris Komisi Politik dan Hukum Partai Komunis Tiongkok Meng Jianzhu. Selain  ingin menyerahkan surat pribadi Presiden Joko Widodo kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping, Menko Luhut juga memamparkan beberapa usulan penguatan kerjasama dalam berbagai bidang yang ingin ditawarkan kepada pihak Tiongkok.

“Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat ini, dan kami sudah siapkan ada enam proyek yang agak detail akan kami sampaikan, utamanya kerja sama di bidang energi, pariwisata, infrastuktur, kelautan dan agrobisnis. Secara khusus ada pesan dari Presiden Jokowi, tentang apa yang diminta mengenai nelayan dan lainnya juga akan dipenuhi” ujar Menko Luhut.


Kemudian, demi percepatan pengimplementasian kerja sama bilateral ini, Menko Luhut juga meminta agar Pemerintah Tiongkok dapat membantu dengan jalan segera membentuk semacam working group bersama, yang nantinya diharapkan akan dapat berkoordinasi langsung dengan wakil Kementerian Luar Negeri Indonesia di Tiongkok.

“Detail terobosan ini sudah kami siapkan, oleh karena hal ini sangat strategis, karena pemerintah Tiongkok dapat membantu program pengentasan kemiskinan di Indonesia, diharapkan dibentuk juga di sini working group yang  akan berkoordinasi dengan pihak Kemenlu Indonesia di sini. Kami harap dua bulan dari sekarang kerja sama ini sudah bisa diimplementasikan,” imbuh Menko Luhut.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Politik dan Hukum Partai Komunis Tiongkok, Meng Jianzhu sangat menyambut positif kehadiran delegasi Indonesia. Ia pribadi dan mewakili Presiden Xi Jinping merasa terhormat dapat bekerja sama lebih erat lagi dengan Indonesia, dirinya berjanji akan segera menyampaikan segala usulan yang disampaikan Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Tiongkok, dalam hal ini kepada Menteri Perdagangan Tiongkok yang memang diberikan kewenangan mengenai hal ini.

"Saya merasa sangat senang bisa bertemu dan mendengar langsung usul yang sangat bagus sekali dari saudara sekalian, kami juga melihat dan menghormati keinginan Presiden Joko Widodo untuk bekerjasama dengan kami. Jadi mengenai usulan tentang ekonomi dan perdagangan akan saya sampaikan, saya usulkan segera Menteri Perdagangan Tiongkok bisa berdiskusi langsung dengan Bapak Menko,” tuturnya.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, terkait dengan masalah keamanan laut, di hadapan Menko Luhut, Meng Jianzhu secara terbuka juga mengatakan bahwa Pemerintah Tiongkok telah menghimbau kepada para nelayan-nelayannya yang jauh berlayar hingga ke Laut China Selatan atau dekat dengan perbatasan Indonesia, agar menghormati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

“Kedatangan Bapak Menko juga akan membawa hal yang bagus untuk kami, Indonesia sangat perhatikan para nelayan, kalau niat baik pasti menghasilkan hal yang baik, nelayan kami juga sudah dihimbau untuk menghormati wilayah Indonesia, dan tidak mengotori perbatasan laut Indonesia,” pungkasnya. (Telly Nathalia)                        

Add comment


Security code
Refresh