Politik
Xi Jinping (Ist)

Mata dunia tertuju pada Konggres ke 19, Partai Komunis China (PKC) selama beberapa hari di bulan Oktober 2017. Maklumlah, PKC adalah partai yang memimpin revolusi China,--yang sampai hari ini memimpin China menjadi negara yang menentukan perubahan ekonomi politik dunia. Partai yang didirikan oleh Mao Tze Tung ini pada hari Rabu (25/10) memilih 7 anggota Polit Biro yang akan memimpin Komite Sentral Partai Komunis China dalam memimpin Republik Rakyat China menyongsong era dunia baru yang lebih baik.Bergelora.com menurunkan catatan dari  www.straitstimes.com dibawah ini. (Redaksi)

INILAH 7 KADER komunis China yang disiapkan untuk mengatur jajaran partai dari tingkatan nasional hingga desa, di dalam dan di luar pemerintahan, termasuk mengatur kebijakan dalam Tentara Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army-PLA). 

Xi Jinping, 64 Tahun

Xi Jinping menjadi pemimpin tertinggi di China pada tahun 2012. Xi Jinping setelah berhasil mengkonsolidasikan politik PKC, telah diakui sebagai pimpinan China paling berkuasa setelah Deng Xiaoping. Kolektif  ‘inti’ dari PKC yang dipimpinnya sejak Oktober 2016, semakin solid dalam memimpin partai dan negara setelah buah pikiran politiknya dimasukkan dalam konstitusi  PKC, yang kemudian di tetapkan kembali pada Konggres PKC ke 19 ini.

Amandemen dari Konstitusi PKC yang disahkan oleh Konggres ke 19 pada Senin pagi, 24 Oktober 2017 lalu telah menambahkan ‘Pikiran Xi Jinping  Tentang Sosialisme Ala China Untuk Menghadapi Era Baru’ yang menjadi landasan setelah ‘Pikiran Mao Tze Tung’ dan ‘Deng Xiaoping’.

Xi Jinping terpilih lagi sebagai Sekretaris Jenderal dari PKC dan Ketua Komisi Militer PKC yang memimpin Tentara Pembebasan Rakyat (People's Liberation Army-PLA).

Li Keqiang (Ist)

Li Keqiang, 62 Tahun

Rekam jejak utama Li Keqiang adalah di dalameconomic ekonomi dan keuangan.  Li Keqiang dikenal sebagai kawan dekat dari mantan Presiden China, Hu Jintao dan saat ini menjadi bagian dari kolektif inti yang dipimpin Xi Jinping.

Keduanya, Xi Jingping dan Li Keqiang adalah yang pertama kali dipromosikan dalam Polit Biro pada Konggres PKC ke 17 pada tahun 2007, sebagai sinyal bahwa pasangan ini akan menggantikan Hu Jintao dan Wen Jiabao pada lima tahun kemudian.

Li Zhanshu, 67 Tahun

Li Zhanshu adalah orang ketiga dalam hirarki kepemimpinan China setelah Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang. Sebagai Kepala Markas Besar Komite Sentral PKC, Li Zhanshu adalah kepala staff umum dari Xi Jinpiing. Markas Besar Sentral Komite berwenang mengatur dan memastikan pelaksanaan tugas dari seluruh anggota Komite Sentral PKC dalam melayani seluruh rakyat China.

Li Zhanshu terlihat selalu mendampingi Xi Jinping dalam setiap perjalanan di dalam maupun ke luar negeri. Ia juga menjadi penghubung dengan Vladimir Putin, Presiden Rusia.

Li Zhanshu juga mendampingi Xi Jinping saat ini dalam menghadapi korupsi di birokrasi partai maupun negara. Persahabatannya dengan Xi Jinping sudah dimulai sejak tahun 1980-an saat keduanya memimpin provinsi Hebei.

(Baris atas dari Kiri ) Li Zhanshu dan Wang Yang. (Baris bawah dari kiri) Wang Huning, Zhao Leji dan Han Zheng (Ist)

Wang Yang, 62 Tahun

Sekarang  Wang Yang bertugas sebagai Wakil Perdana Menteri. Wang dikenal dekat dengan Perdana Menteri Li Zhanshu dan mantan Presiden Hu Jintao dalam Liga Pemuda Komunis. Ia termasuk orang berpengaruh dalam kebijakan luar negeri, dan memimpin delegasi China dalam Dialog Ekonomi Amerika Serikat- China pada bulan Juli lalu.

Dia pernah memimpin PKC ditingkat kecamatan dan Provinsi Guangdong.  Lahir dalam keluarga miskin di pedesaan sebelah timur Provinsi Anhui. Wang mulai bekerja di pabrik pada usia 17 tahun untuk memenuhi kebutuhan keluarga setelah kematian ayahnya. 

Perannya meningkat sebelum Konggres PKC ke 18 pada tahun 2012 sebagai seorang yang vokal dalam berbagai debat publik tentang ekonomi China. Wang mendukung paket-paket kebijakan ekonomi yang relatif liberal yang dikenal dengan,-- ‘Model Guangdong’ untuk provinsi industri di selatan yang dilaksanakannya saat itu,--yang mengijinkan peran lebih besar dari serikat-serikat buruh dan.

Wang bahkan dimasukkan oleh majalah TIME dalam daftar orang-orang yang berpengaruh setelah protes dari gerakan pro- demokrasi di desa nelayan Wukan menghasilkan jalan keluar damai. 

Wang Huning, 62 Tahun

Wang Huning bertugas sebagai Direktur Kantor Penelitian,  dibawah Komite Sentral, sebagai penasehat utama mantan Presiden Jiang Zemin, Hu Jintao dan sekarang Xi Jinping. 

Wang Huning pernah menjadi Dekan Fakultas Hukum, di Universitas Fudan University membantu merancang konsep ‘Tiga Perwakilan’dari Presiden Jiang Zemin, yang menyatukan kaum entreprenur, kaum kapitalis dan kaum intelektual dalam payung PKC. Dia juga arsitek dari kampanye ideologi ‘China Dream’ dari Presiden Xi Jinping. Sabagai akademisi, ia belajar tentang transisi kekuasaan dan hukum serta memperjuangkan kekuasaan terpusat dalam sistim demokrasi.

Promosinya dalam Polit Biro menunjukkan bahwa Xi Jinping membutuhkan seseorang yang dapat memberikan panduan teori dalam Polit Biro.

Zhao Leji, 60 Tahun

Zhao Leji adalah Ketua Departemen Organisasi dari PKC. Disebutkan walaupun dirinya tidak memiliki hubungan dekat dengan Xi Jinping, saat ditunjuk sebagai anggota Polit Biro pada tahun 2012, namun pernah memimpin Provinsi Shaanxi  sebagai sekretaris Partai pada tahun 2007-2012. 

Zhao melewati tiga dekade dalam jenjang partai di Qinghai, sebuah daerah termiskin di China yang warganya terdiri dari banyak percampuran suku-suku di China. Zhao sempat pernah menjnadi pemimpin termuda di tingkatan provinsi, dan ahli dalam berbagai pengembangan ekonomi di Qinghai’s.

Setelah bertugas di Provinsi Shaanxi, ia ditugaskan dalam Departemen Organisasi  yang mengatur berbagai pertemuan dari kader-kader pimpinan diseluruh China, dari ranting, cabang dan pusat Partai. Hal ini yang menjadikannya penting bagi Presiden Xi Jinping dalam penempatan kader-kader partai dimasa depan.

Zhao saat ini menjadi salah satu orang terdekat Xi Jinping dan menjadi kader cemerlang  dikalangan pimpinan dari Provinsi di Barat Laut China, yang bisa diandalkan Xi Jinping.  Zhao juga seorang doktor Filsafat dari Universitas Peking.

Zhao juga bertugas sebagai Kepala Komisi Anti Korupsi Republik Rakyat China, dibawah kewenangan Komite Disiplin dari Sentral Komite, menggantikan kawan dekat Xi Jinping Wang Qishan.

Han Zheng, 63 Tahun

Han Zheng saat ini  menjabat Sekretaris PKC di Shanghai, sebelumnya menjadi Walikota Shanghai ketika direkrut oleh Xi Jinping pada tahun 2007 menjadi bendahara partai selama beberapa bulan. Han Zheng digambarkan dekat dengan kelompok Shanghai yang dipimpin mantan Presiden Jiang Zemin. 

Penunjukkan Han Zheng dalam Polit Biro didahului kejatuhan atasannya, Chen Liangyu pada tahun 2006 yang didakwa terlibat penyogokan dan melawan kepemimpinan pusat PKC. (S. Mawikere/Web Warouw)

Add comment


Security code
Refresh