Politik
Komite Pimpinan Wilayah-Partai Rakyat Demokratik (KPW-PRD) Jawa Timur bersama-sama dengan warga kota Surabaya mendeklarasikan Posko Menangkan Pancasila. (Ist)

SURABAYA- Dalam rangka membangun wadah dan media untuk melakukan kontrol dan pengawasan terhadap implementasi esensi dan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila, Komite Pimpinan Wilayah-Partai Rakyat Demokratik (KPW-PRD) Jawa Timur bersama-sama dengan warga kota Surabaya mendeklarasikan Posko Menangkan Pancasila.

Ketua KPW PRD Jawa Timur Hermawan menyatakan bahwa isu Menangkan Pancasila penting untuk dibicarakan dan dilakukan dalam kerja-kerja nyata bukan sekedar pemanis bibir. Sebuah tindakan nyata dari seluruh elemen bangsa untuk bersatu padu mengupayakan menghadirkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karena menangkan Pancasila bukan kata semata tetapi perbuatan dan komitmen menuju nusa bangsa Indonesia yang berdaulat dan makmur ,” kata Hermawan di Surabaya, Minggu (29/10).

Menurutnya, sebagai sebuah bangsa besar harusnya bangsa Indonesia mampu berbicara banyak dalam tata pergaulan internasional. Namun ,hingga saat ini kita masih disibukkan dengan kemiskinan yang semakin akut ditambah dengan jurang kaya miskin yang semakin melebar.

“Kesejahteraan seperti yang dicita-citakan oleh pendiri bangsa ini masih jauh untuk digapai.,” terang Hermawan.

Sementara itu, Koordinator Posko Menangkan Pancasila Jawa Timur Muhammad Ramadhan menambahkan, mulai melemahnya esensi dan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara disebabkan oleh maningkatnya praktik korupsi di kalangan pejabat eksekutif, yudikatif dan legislatif.

“Kesenjangan sosial yang semakin melebar, sehingga menghilangkan semangat sila keadilan sosial bagi rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Dia menuturkan bahwa dominasi penguasaan sumber daya alam oleh korporasi asing, yang menyebabkan bangsa ini gagal memaksimalkan potensi kekayaan alamnya untuk kesejahteraan rakyatnya.

“Maraknya penggunaan isu SARA dan sentimen rasial dalam beberapa ajang politik akhir-akhir ini, yang berpotensi mengancam keutuhan NKRI dan demokrasi liberal yang semakin ugal-ugalan dalam kehidupan politik, yang menciptakan ketidakstabilan dan guncangan politik,” tutupnya.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, Posko Menangkan Pancasila ini adalah: sebagai pusat kampanye Menangkan Pancasila; sebagai tempat pengaduan, pelayanan dan pendampingan hukum masyarakat yang belum mendapatkan keadilan; sebagai tempat sosialiasi dan diskusi soal Pancasila; sebagai tempat belajar berorganisasi bagi masyarakat.

Alif Kamal, Ketua PRD menjelaskan, sebelumnya hal yang sama dilakukan di beberapa kota besar seperti Medan, Banda Aceh, Pekan Baru, Banjarmasin, Samarinda, Padang, Bengkulu, Bandarlampung, Batam, Makassar, Palu, Kendari, Bandung, Semarang, Yogyakarta,  Palu, Manado, Kupang, Ambon, ternate, Jayapura, Manokwari dan Denpasar.

“Tugas utama dari posko ini adalah secara kongkrit memenangkan Pancasila dengan membela persoalan-persoalan rakyat, memerangi radikalisme dan politik SARA untuk menegakkan Pancasila,” tegasnya. (Ardiansyah Mahari/Web Warouw)

 

Add comment


Security code
Refresh