Politik
Presiden RI, Joko Widodo dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (Ist)

JAKARTA– Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang fokus pada konsep pembangunan Indonesia sentris terbukti mampu menciptakan pemerataan di Indonesia selama tiga tahun memimpin. Hasil survei Populi Center membuktikan hal tersebut.

Sebanyak 62,3 persen responden di Pulau Jawa puas dengan pemerintahan Jokowi-JK. Sementara sebanyak 61,7 persen responden di luar Pulau Jawa yang menyatakan kepuasannya.

Direktur Populi Center Usep S Ahyar menjelaskan ada keseimbangan antara kepuasan masyarakat Pulau Jawa dan masyarakat yang berada di luar Pulau Jawa atas pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK.

“Ini menunjukan pembangunan Indonesia Sentris terasa di masyarakat karena perbandingan angka yang merasa puas dan tinggal di Pulau Jawa berimbang dengan di luar Pulau Jawa. Kepuasan masyarakat menjadi indikator bahwa pembangunan sudah terasa di tengah masyarakat Indonesia,” ujar Usep seperti dikutip dari media pada Kamis (2/11).

Kebijakan pembangunan

Usep menambahkan, berdasarkan hasil survei, mayoritas responden setuju dengan kebijakan sejumlah pembangunan yang dilakukan Jokowi-JK. Dimana kebijakan tersebut lebih condong ke pembangunan Indonesia sentris.

Sebanyak 77,5 persen responden setuju dengan pembangunan tol lintas Sumatera. Lalu 73,6 persen responden setuju pembangunan rel kereta di Sulawesi. Kemudian sebanyak 75,8 persen responden setuju dengan pembangunan trans Papua.

“Tiga kebijakan ini adalah kebijakan yang notabene berada di luar Pulau Jawa,” ujar Usep.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, secara keseluruhan sebanyak 62 persen masyarakat puas dengan kinerja Jokowi-JK selama tiga tahun masa kepemimpinan.

Survei Populi Center dilakukan pada 19 Oktober-26 Oktober 2017 dengan jumlah responden 1.200 orang menggunakan metode survei multistage random sampling, margin of error 2,8 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Pembangunan Indonesia sentris yang progresif dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK sesuai dengan butir Nawacita ke-3 yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah. (Irene G.)

e Gayatri)

Add comment


Security code
Refresh