Politik
Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar didaulat sebagai Panglima Santri Nasional. Pengukuhan ini dilakukan di depan 32 ribu santri se Pasuruan. Pengukuhan Panglima Santri Nasional itu diberikan dalam acara Semarak Heroik Santri di Taman Budaya Candra Wilwatikta, Pandaan, Selasa (7/11). (Ist)

PASURUAN- Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar didaulat sebagai Panglima Santri Nasional. Pengukuhan ini dilakukan di depan 32 ribu santri se Pasuruan. Pengukuhan Panglima Santri Nasional itu diberikan dalam acara Semarak Heroik Santri di Taman Budaya Candra Wilwatikta, Pandaan, Selasa (7/11).

"Sebagai tokoh yang punya kepedulian dan selalu memperjuangkan santri. Yang berjuang agar 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Maka sangat pantas kalau Cak Imin dianugerahi sebagai Panglima Santri Nasional, yang menjaga Islam Ahlussunah wal Jamaah," kata Ketua Penyelenggara Semarak Heroik Santri, KH Mujib Imron, Selasa (7/11) malam. Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin juga dicalonkan sebagai Wakil Presiden 2019.

Calon Wapres 2019

Sebelumnya, kepada Bergelora.com dilaporkan Cak Imin sudah dideklarasikan menjadi calon wakil presiden untuk Pemilu Tahun 2019. Kali ini, deklarasi itu dibacakan perwakilan santri, saat acara jalan sehat santri yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (5/11).

"Kami Santri Indonesia mendorong dan mendukung Cak Imin mewakili kaum santri untuk bersedia maju menjadi wakil presiden Republik Indonesia. Saatnya santri memimpin," kata salah satu santri saat membacakan ikrar.

Sementara itu, Cak Imin mengapresiasi dukungan para santri tersebut. "Untuk itu kita akan terus melakukan konsolidasi dan kita akan perjuangkan aspirasi para santri," kata Cak Imin.

Cak Imin menambahkan, pada pemilu legislatif mendatang, pihaknya menargetkan PKB masuk dua besar. "Kita menargetkan masuk dua besar dalam pileg mendatang," tutupnya.

Cak Imin dinilai berhasil memperjuangkan penetapan hari santri nasional yang jatuh pada 28 Oktober, serta memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan dunia pondok pesantren.

"Berbagai kontribusi nyata telah diberikan Cak Imin terhadap perkembangan bangsa ini. Jadi beliau sangat layak untuk kami jadikan sebagai panglima santri," kata Isa Sugianto, salah satu pengasuh pondok pesantren di acara itu.

Sebelumnya, kelompok relawan yang menamakan sebagai Pro-1 (Pro One), mendeklarasikan sepihak Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon presiden dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan presiden 2019. (Ardiansyah Mahari)

 

Add comment


Security code
Refresh