Politik
Acara Sekjen Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) beberapa waktu lalu (Ist)

JAKARTA- Akhir-akhir ini kami gelisah dengan adanya kosakata yang menurut kami tidak mencerminkan Nasionalisme yang terurai diatas kosakata "Jawa Sentris" , ".... sentris" kosakata ini menunjukkan sebuah differentsiasi dan/atau pertentangan dalam bahasa kami adalah "diskriminasi verbal". Cahyo Gani Saputro, Sekjen Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) kepada Bergelora.com di Jakarta, Jumat (24/11)

“Tentunya kami orang Indonesia yang kebetulan lahir dan besar di Jawa menjadi gelisah untuk apa dimunculkan kata-kata tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, bila memang pembangunan saat Orde Baru tidak merata dan/atau sentralistik maka menjadi tugas penyelenggara negara untuk meratakan pembangunan terutama di wilayah Indonesia yang belum merasakan pembangunan tersebut.

“Secara bijak tidak perlu dengan adanya kosakata "Jawa Sentris", kami rasa membangun daerah terdepan, terluar, dan tertinggal adalah kosakata yang cukup tepat dan bijak dalam rangka pemerataan pembangunan dan dalam rangka revolusi mental.

Menurut pandangannya hal itu membangun karakter kebangsaan (nation and character building).

“Menurut pandangan kami pembinaan Ideologi Pancasila perlu di massifkan untuk para penyelenggara negara agar segala kebijakannya sesuai dengan Pancasila,” tegasnya.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, tujuan didirikannya Negara Republik Indonesia adalah salah satunya adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, terkait hal tersebut tentu tidak dapat dipisahkan dengan geopolitik Indonesia.

“Bung Karno menyampaikan hal tersebut adalah prasyarat sebuah bangsa, pada sumpah pemuda 1928 bangsa ini telah berikrar berbangsa, bertanah air dan berbahasa satu Indonesia, dan bangsa ini telah meletakkan sebuah Dasar Negara yaitu Pancasila, yang mana menjadi tolok ukur penyelenggara negara dalam sebuah kebijakan,” tegasnya. (ZKA Warouw)

 

Comments   

0 #1 Lisa 2017-11-28 03:52
I have checked your blog and i have found some duplicate content, that's why you don't rank high in google's search results, but there is
a tool that can help you to create 100% unique content, search for; Boorfe's tips
unlimited content

My web page - JanelleSmall: https://Shonda21.jimdo.com
Quote

Add comment


Security code
Refresh