Politik
Muhammad Ridho Ficardo (Ist)

BANDAR LAMPUNG- Para pemimpin politik adalah orang yang paling bertanggung jawab jika sebagian besar masyarakatnya tidak bahagia. Ditingkatan Provinsi, tentu yang paling bertanggung jawab ada Gubernur jika masyarakatnya menderita atau tidak bahagia. Ada banyak faktor yang berurutan yang bisa menyebabkan masyarakat tidak bahagia antara lain adalah ketidak adilan, korupsi dan kemiskinan. Hal ini disampaikan Johny Fadly dari Partai Rakyat Demokratik (PRD) Provinsi Lampung.

“Karena gubernur adalah orang yang paling bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyat ditingkatan provinsi sampai ditingkatan desa-desa. Makanya kebanyakan Gubernur menutupi harta kekayaannya agar rakyat tidak membandingkan kemiskinannya dengan harta gubernur,” ujarnya.

Sebagai perwakilan pemerintah pusat, gubernur bertugas mensejahterahkan rakyat dengan cara menuntaskan kemiskinan, menegakkan keadilan dan memerangi korupsi.

“Kalau sudah gagal mensejahterahkan rakyat dan membahagiakan rakyat, sudah selayaknya diganti. Bukan dipertahankan. Kalau dipertahankan maka semakin panjang penderitaan rakyat Lampung,” tegasnya.

Data BPS

Kepada Bergelora.com dilaporkan sebelumnya Johny Fadli menyoroti data Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, rakyat Lampung selama tiga tahun ini semakin tidak bahagia bila dibandingkan dengan rakyat di Provinsi lain di Indonesia.

Pada tahun 2014, Indeks Kebahagiaan Lampung peringkat 25 dari 33 Provinsi, urutan ke-10 yang paling tidak bahagia se-Indonesia

Data BPS 2017 membuat kaget kita semua, bahwa Indeks Kebahagiaan Lampung merosot pada peringkat 31 dari 34 Provinsi. Jadi Lampung urutan ke-4 yang paling tidak bahagia se-Indonesia.

“Ternyata tiga tahun ini Rakyat Lampung semakin tidak  bahagia, dibandingkan saudara-saudara kita di provinsi lainnya,” ujar Johny Fadli

Menurut BPS Lampung, Indeks Kebahagiaan Lampung tahun 2017 yang dihitung dengan menggunakan Metode 2014, lebih rendah dibanding tahun 2014. Pada tahun 2017 sebesar 67,82 sedangkan pada tahun 2014 sebesar 67,92. Dengan demikian, telah terjadi penurunan indeks sebesar 0,10 poin.

Indeks Kebahagiaan Lampung tahun 2017 sebesar 69,51. Besarnya indeks masing-masing dimensi penyusun Indeks Kebahagiaan Lampung, yaitu: (1) Indeks Dimensi Kepuasan Hidup sebesar 69,69, dengan masing-masing Subdimensi Kepuasan Hidup Personal sebesar 63,54 dan Subdimensi Kepuasan Hidup Sosial sebesar 75,84; (2) Indeks Dimensi Perasaan (Affect) sebesar 67,43; dan (3) Indeks Dimensi Makna Hidup (Eudaimonia) sebesar 71,24. Seluruh indeks diukur pada skala 0-100. (Salimah)

Add comment


Security code
Refresh