Politik
Menhan RI, Ryamizard Ryacudu saat diterima di Pentagon oleh Menteri Pertahanan AS James Mattis di Pentagon, Washington DC, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. (Ist)

JAKARTA– Pengamat Senior Pertahanan Connie Rahakundini memberikan pendapatnya soal upacara sambutan yang diterima Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat menghadiri pertemuan bilalteral dengan Menteri Pertahanan AS James Mattis di Pentagon, Washington DC, Amerika Serikat.

Diketahui, kedatangan Menhan Ryamizard ke Pentagon disambut oleh upacara militer khas Amerika Serikat. Menhan Ryamizard disambut oleh 21 gun salute  atau juga dikenal dengan the highest honor

“Pendapatku 21-gun-salute atau yang disebut 21 dentuman meriam merupakan penghargaan tertinggi bagi setiap pejabat tinggi negara yang menjadi tamu kehormatan bagi Pentagon,” ujar Connie kepada Bergelora.com, Kamis (30/8).

Connie menambahkan bahwa tidak ada penghargaan tertinggi selain 21 Gun Salute tersebut. Connie pun menilai apa yang diterima oleh Ryamizard dalam kedatangan ke Pentagon merupakan tanda kemitraan strategis.

“Itu menandakan kemitraan strategis dan tanggungjawab yang tinggi terhadap perluasan kerja sama antara dua Kementerian Pertahanan RI dan AS,” ujar Connie.

Connie pun meyakini pehormatan tersebut akan juga akan menjadi tanda hubungan Indonesia dengan AS akan semakin baik. Bukanya hanya dalam kerja sama pertahanan dan Milliter tapi juga kemandirian industri pertahanan.

“Harus kita hargai penghormatan tersebut dan semoga menandakan hubungan yang semakin dalam, bukan saja hanya dalam aspek kerjasama pertahanan dan militernya, tetapi karena kita harus mengejar kemandirian Industri Pertahanan, dengan periatiwa tersebut maka semoga ada lompatan besar kerjasama industri pertahanan yang kita bisa kita bangun bersama counterparts di industri Pertahanan AS,” tandas Connie. (Web Warouw)

Add comment

Security code
Refresh