Politik
Aries Susanti Rahayu (panjang tebing) peraih emas ke 8 dalam Asian Games 2018. dan merah putih. (Ist)

JAKARTA- Gelora kemenangan dalam Asia Games 2018 perlu dipertahankan dan dikembangkan agar menjadi energi bagi Indonesia untuk menjadi pemenang dalam berbagai bidang di dunia internasional. Prestasi para atlet telah menjadi patriot yang membawa Indonesia masuk empat besar, harus bisa kembali menyatukan seluruh rakyat Indonesia untuk bangkit menjadi bangsa lebih kuat untuk sejajar dengan bangsa-bangsa lain di tengah globalisasi. Hal ini ditegaskan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dr Evita Nursanty, MSc kepada Bergelora.com di Jakarta, Rabu (5/9).

“Kita sedang memasuki level baru yang lebih tinggi di dunia. Sebagai bangsa besar yang maju, yang bisa menjadi inspirasi bagi dunia. Kita telah menunjukkan bahwa kita sejajar bahkan bisa lebih baik dari dari bangsa-bangsa lain,” demikian paparnya.

Atlet Wushu putri Lindswell Kwok berhasil menyumbangkan medali emas kedua dan merah putih. (Ist)

Menurut Evita, dalam Asian Games 2018 ini ditemukan banyak hal bersejarah yang sulit untuk dilupakan ke depan. Misalnya, soal bergabungnya tim dua Korea dalam defile pembukaan. Jumlah peserta yang hadir dan besarnya perhatian media massa internasional dan bersatunya Hamas dan Fatah dalam kontingen Palestina telah melahirkan, banyaknya penciptaan rekor dan semangat baru.

“Asian Games bukan sekadar olahraga tapi pembuktian bahwa Indonesia bisa melakukan hal-hal besar yang mendunia. Kita bukan bangsa yang minder atau tidak mampu. Ketika kita bersatu kita bisa. Jadi kita dukung penuh setelah Asian Games ini kita ikut bidding Olimpiade dan Piala Dunia. Itu menjadi bukti kita sangat diperhitungkan di dunia. Dengan itu, atlet kita akan terdorong untuk melompat dengan prestasi gemilang, dan bangsa kita sangat siap untuk menyelenggarakan event sebesar apapun seperti Olimpiade,” ucap anggota Komisi I DPR RI.

Defia Rosmaniar mengibarkan Bendera Merah-Putih sembari menangis seusai meraih medali emas Asian Games 2018 dari cabang taekwondo. (Ist)

Evita sendiri mengaku sangat salut dengan masyarakat Indonesia yang sangat antusias dan memberikan dukungan sebagai tuan rumah yang baik. Setiap hari venue dipenuhi masyarakat yang memberikan dukungan kepada para atlet. Hal itu menandakan masyarakat Indonesia yang sangat menghargai prestasi dan bangga menjadi bagian dari Indonesia.

“Itulah kekuatan multi event seperti Asian Games, Olimpiade atau Piala Dunia, masyarakat bangga menjadi bagian dari event itu, dan bangga menjadi bagian dari Indonesia. Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan jajarannya yang bekerja sangat brilian dalam mempersiapkan event ini,” sambungnya.

Disisi lain, masyarakat juga bisa belajar mengenai sportivitas dan semangat untuk berprestasi dari para atlet.

Ekspresi pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie usai mengalahkan pebulu tangkis Jepang Kenta Nishimoto, pada babak semifinal Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/8) (Ist)

“Salut dan hormat kepada dengan para atlet yang meskipun kalah namun tetap sportif menaruh hormat kepada lawan dan negara lain,” katanya.

Secara khusus, Evita menyebut Indonesia patut mengucapkan terima kasih kepada aparat TNI, Polri dan aparat keamanan lain yang melakukan pengamanan selama event ini berlangsung di Jakarta maupun Palembang. Mereka bekerja keras setiap hari sehingga semua atlet, ofisial, penonton tetap aman dan nyaman.

“Dalam hal ini kita angkat topi untuk Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan seluruh jajarannya. Mereka patut diberikan penghargaan khusus,” ucapnya.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto berpelukan menyambut kemenangan pesilat Indonesia. (Ist)

Saat ini menurutnya adalah menjadi kewajiban setiap komponen bangsa untuk mempertahankan gelora kemenangan Asian Games 2108 menjadi energi dan kekuatan yang menyatukan kembali bangsa Indonesia walaupun berbeda-beda suku, agama dan etnis.

“Dalam persatuan dari berbagai perbedaan, kita pasti bisa lebih maju lagi dan lebih cepat lagi menjadi negara makmur sejahtera sejajar dengan bangsa-bangsa besar lainnya. Jangan sia-siakan perjuangan para patriot Asian Games 2018 kita,” tegasnya ( Web Warouw)

Add comment

Security code
Refresh