Politik
Ketua Pengurus Daerah (PD VIII) FKPPI Lampung Tony Eka Candra dalam HUT FKPPI ke 40 di Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (6/10). (Ist)

BANDAR LAMPUNG - Keluarga Besar Pengurus Daerah Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (KB FKPPI) Provinsi Lampung rayakan Resepsi dan Syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) FKPPI Ke-40 Tahun 2018 yang dipusatkan di Gedung Kantor Siger Kencana Bandar Lampung, Sabtu (6/10).

"Anggota FKPPI harus siap berada digarda terdepan, dan harus siap membantu mengambil peran dalam menghadapi permasalahan bangsa, terutama yang akan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Ulang Tahun FKPPI Ke-40, Jayalah FKPPI," tegas Ketua Pengurus Daerah (PD VIII) FKPPI Lampung Tony Eka Candra.

Tony Eka Candra dalam Sambutannya mengucapkan rasa terima kasih dan bangga terhadap segenap Dewan Pembina dari TNI maupun Polri yang telah membina FKPPI Lampung selama ini.

"Tadi telah dibacakan Ikrar FKPPI, untuk mengingatkan kembali berdirinya FKPPI sebagai anak kandung dari TNI dan Polri, sebab itu kami mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pembinaanya selama ini, hingga organisasi FKPPI maju dan tetap eksis di dalam membantu memperjuangkan tegaknya NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," ujar Tony yang saat ini sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Lampung.

Dihadapan para Pembina, Tony yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Lampung ini mengungkapkan, Organisasi FKPPI adalah salah satu organisasi kemasyarakatan yang memiliki kekuatan besar karena dinamika keanggotaannya.

"Di Indonesia tidak kurang dari 20 Juta Anggota FKPPI, dan di Provinsi Lampung lebih dari 240 Ribu Anggota FKPPI, dimana anggotanya terdiri dari berbagai latar belakang dan asal usul yang berbeda-beda, baik perbedaan Pandangan Politik, Profesi, Suku, maupun Agama. Dan potensi kekuatan yang besar ini apabila tidak diarahkan untuk melakukan pencapaian tujuan bersama secara positif, maka masing-masing anggotanya hanya akan melakukan aktifitas sesuai dengan kepentingan kelompok atau golongan tertentu saja, sebab itu organisasi sebagai alat pemersatu dan alat untuk mencapai tujuan bersama, tentunya membutuhkan loyalitas, kesiapan dan kebersamaan seluruh Pengurus dalam menjalankan tugasnya untuk dapat mengabdi bagi kepentingan bersama, dan FKPPI tidak kemana-mana tetapi ada dimana mana," imbuhnya, diiringi tepukan gemuruh Keluarga Besar FKPPI yang hadir

Pemegang sabuk hitam tertinggi DAN VI Karateka ini juga menekankan kepada Keluarga Besar PD VIII FKPPI Lampung untuk meningkatkan kualitas, dengan memiliki komitmen cita-cita bangsa, menuju masyarakat adil makmur, maju, sejahtera, mandiri dan bermartabat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Mantan Ketua KNPI Provinsi Lampung ini juga mengajak kepada seluruh Keluarga Besar FKPPI Lampung, untuk terus meningkatkan konsolidasi organisasi, kekompakan anggota, dan turut serta menciptakan suasana tertib dan aman, menjunjung tinggi nilai budaya dengan tetap menjaga soliditas, mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, dan bersama-sama menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia

"Anggota FKPPI harus siap berada digarda terdepan, dan harus siap membantu mengambil peran dalam menghadapi permasalahan bangsa, terutama yang akan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Ulang Tahun FKPPI Ke-40, Jayalah FKPPI," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung terpilih Arinal Djunaidi mengatakan siap bersinergi dengan semua elemen untuk membangun Bumi Ruwa Jurai kedepan, termasuk dengan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Provinsi Lampung.

"Selamat Ulang Tahun FKPPI Ke-40, Bersatu berdaulat itu penting. Meskipun saya bukan keturunan dari keluarga Besar TNI-Polri, tapi saya Keluarga Besar FKPPI, dan saya yakin dan Percaya FKPPI mampu memberikan kontribusi Positif untuk membangun Provinsi Lampung kedepan lebih baik dan lebih terpandang di Indonesia, saya juga yakin dan percaya, dibawah kepemimpinan Tony Eka Candra FKPPI Lampung akan maju lebih pesat lagi sesuai cita-cita berdirinya organisasi FKPPI.

"Insya Allah Lampung akan bangkit, terpandang dan berjaya", tutup Arinal.

Sementara Komandan Korem (Danrem) 043 Garuda Hitam Kolonel Kav. Erwin Djatniko, S.Sos dalam sambutanya mengatakan, selaku Komandan Korem 043/ Garuda Hitam dan pribadi, dirinya juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke 40, kepada segenap Keluarga Besar FKPPI Se-Provinsi Lampung. 

Dalam memaknai peringatan Hari Ulang  Tahun organisasi FKPPI ini, dirinya berharap momentum ini dapat dijadikan untuk meningkatkan kualitas pengabdian dan  kinerja organisasi Keluarga Besar FKPPI  kepada masyarakat, bangsa dan negara, utamanya dalam mewujudkan dan memantapkan persatuan dan kesatuan  bangsa khususnya di wilayah Provinsi Lampung.

"Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Keluarga  Besar  FKPPI, terkandung beberapa makna yang perlu kita renungkan yaitu, untuk selalu mensyukuri nikmat dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Besar, atas segala karunia - Nya, karena sampai hari ini organisasi FKPPI  dengan usianya yang ke-40, dapat  meningkatkan prestasi dan kemajuan yang cukup membanggakan. Didasari rasa hormat  dan menjunjung tinggi perjuangan para pendiri dan sesepuh FKPPI yang telah merintis dan meletakkan dasar serta menjalankan organisasi dengan segenap dinamika keberhasilan dan kekurangannya, sehingga organisasi ini dapat tumbuh berkembang dan maju pesat seperti saat ini," tutur Danrem.

Tidak hanya itu, Makna penting lain dari peringatan Hari Ulang Tahun ini adalah sebagai wahana intropeksi dan mawas diri, sehingga Keluarga Besar FKPPI mampu menyesuaikan diri terhadap dinamika dan perkembangan organisasi dalam melaksanakan visi dan misi, guna  meraih    tujuan yang telah disepakati  bersama, dengan selalu berfikir positif, jernih, jujur dan rasional, sehingga dapat dipetik hikmah pengalaman  masa  lalu untuk dijadikan landasan dalam menentukan langkah dan kinerja organisasi  FKPPI pada  masa yang akan datang.

"Dengan  momentum peringatan Hari Ulang Tahun ini, saya berharap, organisasi FKPPI lebih memfokuskan program dan kegiatan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota  dan Keluarga Besar TNI-Polri, tanpa mengabaikan kepedulian terhadap lingkungan dimasyarakat luas sesuai dengan fungsi dan kewenangannya," imbuhnya.

Danrem juga mengaku, keberadaan organisasi FKPPI sangat membantu TNI dan Polri melalui usaha pembinaan anggota dan keluarga besar TNI-Polri, yang selama ini telah berjalan  rukun dan harmonis, serta keluarga besar FKPPI  memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab  sebagai warga negara yang memahami  terhadap hak dan kewajibannya. Disamping  itu, Hari Ulang Tahun kali ini juga terkandung tekad mewujudkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan dilingkungan Keluarga Besar FKPPI, sehingga  dapat bersinergis dalam rangka  memantapkan persatuan dan kesatuan  seluruh komponen masyarakat Lampung.

"Pada hakekatnya, rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam organisasi FKPPI harus tetap dipelihara dan diterapkan dengan baik dan berkesinambungan. Semangat kebersamaan ini dapat diwujudkan, melalui sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama di lingkungan organisasi Keluarga Besar FKPPI, tanpa  merasa yang satu lebih berperan dari yang lainnya. Hal ini  penting untuk memelihara dan meningkatkan soliditas organisasi FKPPI, mulai dari Pengurus di Provinsi sampai Pengurus Cabang Kabupaten/Kota serta Rayon Kecamatan dan Desa, dan usianya Ke-40, kita semua berharap semoga Keluarga Besar FKPPI  dapat  mengambil hikmah, untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap kiprah dan kinerja organisasi Keluarga Besar FKPPI, guna mencapai tujuan Keluarga Besar  FKPPI Provinsi Lampung  yang kuat, Solid, Jaya selalu FKPPI," tegasnya.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, peringatan itu diawali dengan Berziarah ke Makam Pahlawan, Berbagai rangkaian acara juga diselenggarakan pada acara tersebut diantaranya, Bhakti Sosial, Penggalangan Dana untuk korban bencana alam Palu dan Donggala, Donor Darah, Pemberian Piagam Pengabdian dan Kesetiaan FKPPI Tahun 2018, Pembagian Paket Sembako, Pemotongan Tumpeng, Lomba Tembang Kenangan dan Ramah Tamah.

Hadir dalam acara tersebut para Pembina FKPPI Provinsi Lampung yakni, Brigjen TNI Daru Cahyo, Kabinda Lampung, Brigjen TNI (P) Mujiono, Danrem 043/Gatam Kolonel Kav. Erwin Djatniko, S.Sos, lengkap dengan Jajaran para Kasi Korem, Dinas Jawatan lingkup TNI-AD dan para Dandim Se-Provinsi Lampung, Kombes Pol. Drs. Prabowo S, dari Polda Lampung beserta segenap Jajaran Kepolisian Daerah Lampung, Komandan Pangkalan TNI-AL Lampung Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S, Komandan Pangkalan TNI-AU Pangeran M. Bunyamin, Letkol (Pnb) Ahmad Mulyono, SE, MM, Gubernur Lampung Terpilih Ir. H. Arinal Djunaidi, Perwakilan Brigif 4 Marinir Piabung Lampung, Perwakilan Satuan Brimob Lampung, dan dihadiri Seluruh Pengurus Daerah dan Cabang FKPPI Se-Provinsi Lampung. (Salimah)

Add comment

Security code
Refresh