Politik
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam pemberian pengharaan pada Keterbukaan Informasi Publik di Istana Wakil Presiden Jalan Kebon Sirih No. 14 Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/11). (Ist)

JAKARTA- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pertama kalinya mendapatkan penghargaan sebagai Badan Publik Kementerian Menuju Informatif yang langsung dianugerahkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat kepada Tjahjo Kumolo yang hadir untuk menerima penghargaan secara langsung di Istana Wakil Presiden, Senin (5/11).

Kapuspen Kemendagri, Bahtiar menyampaikan bahwa pencapaian yang sudah diraih Kemendagri merupakan pencapaian dan prestasi seluruh unit kerja kemendagri tanpa terkecuali.

"Mari kita terus bekerja dan berjuang untuk kebaikan dan perbaikan kinerja Kemendagri. Kitapun bekerja bukan untuk mendapat penghargaan, tapi sebagai bagian tanggungjawab untuk memperbaiki kinerja Kemendagri dimata masyarakat. Tanpa penghargaanpun kita terus bekerja dan berinovasi," pungkasnya hari itu.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Ketua Komisi Informasi Pusat bahwa evaluasi ini bukanlah kompetisi, tapi implementasi dari kebijakan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14  Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Capaian yang diraih Kemendagri ini  diapresiasi positif oleh banyak pihak salah satunya Komisioner KIP, Aditya. Ia secara khusus memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kemendagri yang secara cepat mampu meningkatkan kinerja informasi publik.

Menurut Aditya, apresiasi tersebut tidak berlebihan dengan apa yang telah dilakukan Kemendagri, yaitu memasukkan keterbukaan informasi sebagai bagian dari program reformasi birokrasi Kemendagri.

“Kemendagri patut diapresiasi dan diterapkan oleh pihak terkait lainnya. Keterbukaan informasi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” katanya.

Tidak Mudah

Kepada Bergelorga.com dilaporkan, Kapuspen Kemendagri Bahtiar menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, tanpa terkecuali atas upaya dan pencapaian Kemendagri.

"Ini prestasi yang luar biasa yang belum pernah ada sebelumnya dengan nilai 80 sampai dengan 89,9 termasuk dalam penilaian Kategilori II, yaitu Menuju Informatif" ujarnya.

Bahtiar juga tidak ketinggalan memompa motivasi jajaran unit kerja di lingkup Kemendagri untuk terus berkarya, kerja ikhlas, dan torehkan hasil positif sebagai bukti bahwa rekan - rekan komponen, Tim Reformasi Birokrasi serta secara khusus Tim Pusat Penerangan Kemendagri melalui PPID-nya telah bekerja semakin baik.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena penilaian ini berasal dari lembaga independen, yaitu Komisi Informasi Pusat yang melibatkan pakar dan akademisi yang tidak diragukan lagi integritas dan profesionalismenya sebagai Tim Penilai.

"Memang tidak mudah mencapai kemampuan yang diraih Kementerian Keuangan dan Kementerian  Komunikasi dan Informasi hingga memperoleh nilai 90 sampai dengan 100. Tapi patut diapresiasi karena capaian tersebut berkaitan dengan kecepatan dan keterbukaan informasi seluruh unit kerja komponen Kemendagri. Pusat Penerangan berfungsi mengorganisir dan mengelola informasi dan dokumentasi," tutur Bahtiar. (Calvin G. Eben-Haezer)

Add comment

Security code
Refresh