Politik
Rapat Koordinasi Nasional Menghadapi Pemilu Serentak 2019 di Jakarta, Kamis (22/11). (Ist)

JAKARTA – Pelaksanaan hari "H" Pemilu 2019 yang tinggal sekitar 5 bulan lagi mengharuskan Pemerintah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Sebagai langkah dukungan, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Persiapan Pelaksanaan Pemilu 2019.

Menjadi salah satu narasumber yang hadir saat itu, Ilham Saputra yang juga merupakan Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan bahwa KPU siap menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2019.

“KPU siap menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019, dengan terus mematangkan berbagai persiapan yang ada”, kata Ilham di Jakarta, pada Kamis (22/11).

Menurutnya, beberapa persiapan yang sedang dimatangkan oleh KPU antara lain penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi, penyiapan personil penyelenggara dan badan Adhoc, penyempurnaan data pemilih dan sosialisasi pemilu 2019 melalui system aplikasi mobile.

“Berbagai langkah demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 kita coba lakukan, kami berharap masyarakat mendukung KPU dan aktif memberikan kritik serta masukan,” tungkas Ilham.

Ilham menambahkan, salah satu hal yang sangat rawan dalam persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 adalah pengadaan logistik Pemilu 2019 dan distribusinya.

“Hal yang cukup rawan ini harus menjadi perhatian utama Pemerintah dalam hal menyukseskan Pemilu 2019,” jelas Ilham.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, diakhir paparannya, Ilham mengakui bahwa selain persiapan pelaksanaan pemilu 2019 secara umum, KPU secara internal juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

“Dalam waktu dekat KPU akan melaksanakan penguatan organisasi, tata kelola penyelenggaraan organisasi sampai dengan peningkatan kualitas SDM nya melalui bimbingan teknis terpadu bagi penyelenggara Pemilu di setiap tingkatan,” tutup Ilham. (Calvin G. Eben-Haezer)

Add comment

Security code
Refresh