Wawancara

Situasi belajar di salah satu kampus di Moskow (Ist)Situasi belajar di salah satu kampus di Moskow (Ist)MOSKOW- Ketika setiap orang berkeinginan sekolah di luar negeri maka yang pertama dipikirkan bagaimana mencapai semua keinginan tersebut dengan biaya rendah tanpa mengurangi kwalitas. Rusia adalah pilihan yang tepat karena pemerintah Rusia memberikan subsidi pendidikan dan beasiswa.

 

Disini, biaya kuliah terjangkau, biaya asrama mahasiswa perorang berkisar IDR 400 ribu - 700 ribu per bulannya. Dengan harga tersebut disediakan, satu kamar untuk 2 siswa. Harga itu sudah  termasuk biaya petugas kebersihan.

Fasilitas disedikan sediakan handuk beserta seprai bersih, kamar mandi dalam, tersedia kulkas dalam kamar siswa.  Fasilitas lain dalam  asrama mahasiswa  tersedia dapur dan mesin cuci.

Biaya hidup di sini lumayan terjangkau karena harga bahan makanan produk hewani seperti daging, keju dan susu lumayan murah. Tergantung masing-masing selera, akan tetapi standar sekitar IDR 3.500.000 per bulan, akan lebih murah jika masak  sendiri. Bidang studi sangat banyak pilihan dari mulai seni, kedokteran, hukum, ekonomi, kimia, fisika dan berbagai ilmu terapan lainnya.

Sistem Pendidikan

Meskipun Rusia menyediakan pendidikan gratis bagi semua warganya sebagaimana dijamin oleh konstitusi mereka, masuk ke dalam lembaga pendidikan tinggi pasca sekolah menengah sangat kompetitif. Karena pemerintah Rusia bertanggung jawab untuk mengatur sistem pendidikan menempatkan penekanan kuat untuk mendapatkan gelar di bidang teknologi dan studi ilmiah. Siswa yang berkeinginan besar di bidang ini harus memiliki bakat yang luar biasa serta nilai yang sangat baik dalam agar dapat diterima dalam sebuah universitas Rusia.Tempat tinggal dan fasilitas yang nyaman bagi mahasiswa yang kuliah di Rusia (Ist)Tempat tinggal dan fasilitas yang nyaman bagi mahasiswa yang kuliah di Rusia (Ist)

Selain mengalokasikan dana untuk biaya sekolah, Rusia juga membayar siswa asing dan menyediakan perumahan gratis bagi mereka juga. Sekarang sistem aplikasi lebih ramping. Siswa yang telah mengikuti universitas di Amerika, Jerman, Denmark, Cina, Italia dan Jepang sangat terbuka untuk transfer ke universitas di Rusia.

Universitas Rusia Populer

Satu universitas terbesar dan tertua di Rusia adalah Saint Petersburg State University dan Universitas Negeri Moskow. Selama tahun 2000-an, pemerintah mencanangkan program menggabungkan institusi pendidikan tinggi yang sudah ada dan mengalokasikan hibah dana khusus untuk mereka. Beberapa universitas baru termasuk Kazan Volga Federal University, Universitas Federal Siberia dan Universitas Federal Utara-Timur.

Karena sebagian besar universitas-universitas Rusia mengajar kelas dalam bahasa Rusia, siswa harus setidaknya memiliki pengetahuan dasar bahasa sebelum mendaftar ke universitas. Ini adalah wajib bagi semua mahasiswa asing untuk mengambil kursus bahasa Rusia sebagai bagian dari kurikulum mereka, kecuali mereka dapat membuktikan bahwa mereka tidak membutuhkannya.

Siswa internasional dapat bekerja paruh waktu sementara terdaftar dalam program gelar. Perusahaan yang mempekerjakan mahasiswa internasional harus memiliki lisensi khusus yang menunjukkan mereka diizinkan untuk mempekerjakan mahasiswa asing.

Mendaftar ke universitas Rusia membutuhkan pengajuan dokumen-dokumen berikut:

  • Formulir aplikasi yang menunjukkan bidang yang diinginkan studi
  • Salinan resmi ijazah atau sertifikat pendidikan lain yang menunjukkan siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftar dalam program pendidikan tinggi
  • Sertifikat kesehatan yang berwenang dan fotokopi hasil tes darah HIV diterbitkan oleh perusahaan asuransi kesehatan yang terakreditasi oleh Konsulat Rusia
  • Salinan resmi akta kelahiran
  • 4 x 6 ukuran foto paspor (mencakup setidaknya enam dari foto-foto)

Financial University Under The Government of the Russian Federation (Ist)Financial University Under The Government of the Russian Federation (Ist)Perkuliahan di mulai awal September.  Pendaftaran sudah  di mulai awal Januari karena persiapan kelengkapan dokumen harus ada. Jika berminat kuliah di ibu kota  Rusia di Moscow bisa menghubungi kami lewat email : yantiirawan11@yahoo.com. Kami akan membantu untuk mendapatkan sekolah di Rusia.  (Kusuma Grigoreiva)

 

            

Add comment

Security code
Refresh