Wawancara
Iptu Puji Astuti, Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Bekasi Selatan, Polres Metro Bekasi Kota (Ist)

BEKASI– Profesinya sebagai Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Bekasi Selatan, Polres Metro Bekasi Kota, menuntut Polwan yang satu ini untuk ada di mana-mana, di setiap lini kehidupan masyarakat.

Ia adalah Iptu Puji Astuti, yang menyandang jabatan Kanit Binmas Polsek Bekasi Selatan sejak April 2016 lalu. Tribratanews.com menyoroti polwan yang inspiratif ini dan dimuat ulang Bergelora.com.

Iptu Puji Astuti, Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Bekasi Selatan, Polres Metro Bekasi Kota saat menolong saat banjir (Ist)

Sebagai Polisi Pembina Masyarakat, ibu yang berjuang sendiri membesarkan anak semata wayang Albima hingga duduk di bangku kuliah, karena suami meninggal dunia sejak anaknya masih kecil, ini dituntut luwes dalam bergaul dengan seluruh kalangan masyarakat.

Hari ini mungkin saja ia sedang memberi pembinaan kepada perempuan-perempuan muda yang terjaring Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat), di hari lain tampak ia memberi penyuluhan bahaya kenakalan remaja kepada para pelajar setingkat SMP atau SMA.

Atau, detik ini ia sedang bernegosiasi dengan para pengunjuk rasa, menit lain berdiskusi dengan wartawan.

Iptu Puji Astuti, Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Bekasi Selatan, Polres Metro Bekasi Kota saat menghadapi demonstrasi(Ist)

Iptu Puji Astuti juga selalu hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang kesulitan. Bahkan ia turun langsung ke lokasi perumahan warga yang terkena musibah banjir.

Menurut Iptu Puji Astuti, semua itu perlu ia lakukan mengingat tugas dan strategisnya wilayah Bekasi Selatan yang merupakan jantungnya Kota Bekasi yaitu sebagai wikayah yang menjadi pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, pusat hiburan, pusat kuliner, dan pusat penginapan.

Dengan banyaknya aktivitas masyarakat yang terdapat di wilayah Bekasi Selatan, tentunya kerawanan kamtibmasnya sangat tinggi dan diperlukan pengamanan yang ekstra.

Iptu Puji Astuti, Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polsek Bekasi Selatan, Polres Metro Bekasi Kota saat menolong seorang peminta-minta (Ist)

Untuk itulah, Iptu Puji Astuti berharap, apa yang ia lakukan selama ini sebagai Kanit Binmas dapat menarik simpati masyarakat sehingga dapat menjadi mitra Polisi dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Atau, ia juga berharap, pembinaan yang telah diberikan dapat menjadi penawar untuk mencegah tindak kejahatan.

Apa yang dilakukan Iptu Puji Astuti ternyata mendapat sambutan baik dari masyarakat. Contohnya dari salah satu Ketua RW di Bekasi Selatan, Prof Jana, yang merasa senang karena Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmasnya sangat proaktif, setiap diundang acara warga seperti rapat warga, acara olahraga bersama, dan apel gabungan dengan Polsek dan Mitra Polri, selalu hadir dan memberikan solusi tentang keamanan maupun masalah sosial di masyarakat. (AKP Bambang As)

Add comment


Security code
Refresh