test
Minggu, 26 Mei 2024

2 Tahun Jokowi: 67% Netizen Merespon Positif

Oleh: Yose Rizal

Hari ini, 20 Oktober 2016 tepat 2 tahun Pemerintahan Jokowi-JK berjalan.  Banyak program-program pembangunan yang telah dijalankan. Berbagai kunjungan ke daerah pun mewarnai kegiatan Presiden Jokowi, karena ingin memastikan program-program berjalan sesuai rencana. Tidak hanya mengandalkan informasi yang didapatkan dari jajaran pemerintahnya.

Netizen pun selalu aktif merespon berbagai program dan kegiatan Presiden Jokowi dan kabinetnya. Selama periode 21 Oktober 2015 sampai 10 Oktober 2016, PoliticaWave telah melakukan pemantauan respon netizen terhadap program dan kinerja pemerintahan Jokowi-JK.

Pemantauan dilakukan terhadap 3 bidang, yaitu Polhukam, Ekonomi dan Sosbudmas. Dari hasil pemantauan PoliticaWave sebanyak 67% netizen merespon secara positif dan 33% netizen merespon secara negatif. Respon positif dari netizen menunjukkan bahwa mereka mengapresiasi dan puas terhadap kinerja pemerintah. Sementara respon negatif menunjukkan bahwa mereka kecewa dan kurang puas terhadap kinerja pemerintah.

Ada 549.659 percakapan terkait bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) di media sosial, terdiri dari 70% sentimen positif dan 30% sentimen negatif.  Dalam Pemberantasan Korupsi, 75% netizen memberikan sentiment positif dan 25% memberikan sentimen negatif.  Dalam Kinerja Lembaga Negara, hanya 42% netizen memberikan sentimen positif dan 58% memberikan sentimen negatif.

Tentang Hukuman Mati, hanya 47% netizen yang memberikan sentimen positif dan 53% sentimen negatif.- Tentang Penegakan Hukum, hanya 44% netizen memberikan sentimen positif dan 56% sentimen negatif. Dalam Pemberantasan Terorisme dan Penanganan Sandera, 60% memberikan sentimen positif dan 40% memberikan sentiment negatif.

Dalam bidang Ekonomi ada 1.161.420 percakapan di media sosial, terdiri dari 66% sentimen positif dan 34% sentimen negatif. Dalam Pengendalian Harga, hanya 44% netizen memberikan sentimen positif dan 56% netizen memberikan sentimen negatif.

Tentang Lapangan Kerja dan Pengangguran, 72% netizen memberikan sentimen positif dan 28% netizen memberikan sentimen negatif. Tentang Iklim Investasi, 70% netizen memberikan sentimen positif dan 30% netizen memberikan sentimen negatif.

Tentang Tax Amnesty, 79% netizen memberikan sentimen positif dan 21% netizen memberikan sentimen negatif. Dalam Paket Kebijakan Ekonomi, 72% netizen memberikan sentimen positif dan 28% netizen memberikan sentimen negatif.

Ada 87.915 percakapan terkait bidang sosial  dan budaya masyarakat di media sosial, terdiri dari 50% sentimen positif dan 50% sentimen negatif.

Dalam Pelayanan Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat, hanya 11% netizen memberikan sentimen positif dan 89% netizen memberikan sentimen negatif. Tentang Sistem Pendidikan dan Kartu Indonesia Pintar, hanya 35% netizen memberikan sentimen positif dan 65% memberikan sentimen negatif.

Soal Intoleransi dan Radikalisme, 75% netizen memberikan sentimen positif dan 25% netizen memberikan sentimen negatif.Tentang Revolusi Mental, 59% netizen memberikan sentimen positif dan 41% netizen memberikan sentimen negatif.

*Penulis adalah Pendiri PoliticaWave

 

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru