Jumat, 23 Februari 2024

Akhiri Masa Tugasnya, Dubes AS Kunjungi DPD RI

JAKARTA- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman menerima kunjungan dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake hari Selasa (13/7) di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta. Kunjungan tersebut dilakukan saat Blake memasuki masa purna tugas sebagai duta besar. Dalam kunjungannya tersebut, Blake berharap kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dapat terus berjalan dan bertambah erat. Dirinya juga menganggap Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) mempunyai peranan yang sangat penting dalam sistem demokrasi di Indonesia. Blake juga mengatakan bahwa DPD RI melalui setiap anggotanya di daerah dapat berperan membuka investasi untuk kemajuan daerah melalui kerjasama dengan negara-negara lain, salah satunya adalah Amerika Serikat.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Senator dari Sumatera Utara Parlindungan Purba dan Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto, Irman Gusman juga berharap bahwa kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dapat terus terjalin erat. Kerjasama tersebut dapat dilakukan di berbagai bidang seperti ekonomi, pertahanan, teknologi, ataupun kebudayaan. Dirinya berharap bahwa kerjasama-kerjasama dengan negara lain yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus ditingkatkan.

“Dia (Blake) melihat Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai prospek menjadi negara besar, tidak hanya dari ekonomi tapi juga dari demokrasi, perdamaian, dan pluralisme. Dia ingin melihat Indonesia bisa tampil untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kemajuan bangsa serta peran penting Indonesia di dunia global. Dia juga mengajak kerjasama Indonesia di dunia internasional yang disebut dengan TPP (Trans Pacific Partnership), dia memandang itu sangat menguntungkan Indonesia. Oleh karena itu kami di DPD akan mengkaji terhadap kerjasama-kerjasama internasional yang menguntungkan Indonesia,” ujarnya kepada Bergelora.com

Senator dari Sumatera Barat ini juga mengatakan bahwa melalui kerjasama dengan Amerika, Indonesia dapat meningkatkan kapasitas dan perannya di persaingan global. Kerjasama dengan Amerika juga dapat dilakukan di bidang pendidikan, salah satunya adalah pertukaran pelajar. Indonesia dianggap sebagai negara yang mempunyai potensi untuk muncul sebagai negara besar di dunia. Salah satunya dilakukan dengan melalui kerjasama dan partisipasi di dunia internasional dengan negara lain seperti penanganan masalah perubahan iklim, masalah lingkungan, terorisme, perdamaian dunia, ataupun narkoba.

Dalam kesempatan yang sama, Blake menyampaikan bahwa banyak bidang yang dapat dikerjasamakan antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Dirinya beranggapan Indonesia kedepannya akan menjadi negara yang besar. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan global, dirinya berharap kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dapat ditingkatkan, baik di bidang ekonomi, maritim, pertahanan, ataupun teknologi.

“Saya ingin berterima kasih kepada Pak Irman atas kerrjasamanya dan pertemanan yang dekat, dan saya menganggap DPD mempunyai peran yang sangat penting di sistem demokrasi di negara ini. Kami tidak hanya membicarakan bagaimana memperkuat kerjasama yang lebih kuat antar pemerintah tetapi juga antar legislator. Kami juga ingin ingin meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi dan demokrasi antara negara kami dengan Indonesia. Untuk menghadapi tantangan berat dari dunia, kami sangat membutuhkan kerjasama yang kuat dengan Indonesia,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Blake juga sempat mengapresiasi peranan DPD RI. Dirinya menganggap DPD RI mempunyai peranan penting dalam sistem demokrasi di Indonesia. Dirinya mengatakan DPD dapat mewakili aspirasi daerah yang mampu menciptakan kemajuan daerah. Salah satunya adalah dengan membuka peluang kerjasama dengan negara lain melalui investasi-investasi di daerah. Dirinya berharap agar DPD dapat memfasilitasi investor yang masuk ke Indonesia untuk dapat berinvestasi di daerah yang juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat di daerah. (Enrico N. Abdielli)

 

 

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru