Minggu, 2 April 2023

AYO GAEEEZ…! Investor Asing Rajin Beli Saham, Transaksi Tembus Rp 3,2 Triliun Selama Sepekan, Ini Pendorongnya

JAKARTA – Investor asing getol membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal itu tercermin dari aksi beli saham oleh investor asing sejak Senin, 6 Februari 2023.

Berdasarkan data BEI, aksi beli bersih oleh investor asing mencapai Rp 3,27 triliun. Selama sepekan, investor asing beli saham Rp 17,4 triliun dan aksi jual Rp 14,1 triliun. Research Analyst Henan Putihrai Sekuritas, Jono Syafei menuturkan, faktor yang mempengaruhi investor asing melakukan aksi beli saham di BEI karena musim rilis laporan keuangan.

“Musim laporan keuangan terutama perbankan, juga data ekonomi Indonesia yang baik sesuai ekspektasi dan outlook ekonomi yang lebih baik juga pada tahun ini,” kata Jono saat dihubungi bergelora.com, ditulis Minggu, (12/2/2023).

Jono menuturkan, investor asing dalam seminggu terakhir tercatat terus melakukan akumulasi (net buy) terutama pada saham bank kapitalisasi besar seperti saham BBCA, BMRI, BBRI, dan BBNI.

Menurut Head of Research Aldiracita Sekuritas Agus Pramono, investor asing melakukan aksi beli saham dengan jangka pendek (hot money) dengan melihat scara relatif kinerja antar pasar di dunia.

“Mereka juga kelihatannya memanfaat momentum result season perbankan yang bagus,” kata Agus.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Bergelora.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi. (Muff)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,593PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru