Kamis, 18 Juli 2024

BARU LAGI NIH..! Kongres II Federasi Serikat Buruh Militan: Pengorganisiran Jalan Menuju Kemenangan Kaum Buruh

JAKARTA- Pada tanggal 19-20 Juli 2023 yang lalu, Federasi Serikat Buruh Militan (F-SEBUMI) melaksanakan kongres yang keduanya di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Agenda yang dilaksanakan di markas besar Federasi Sarekat Buruh Patriotik (F-SARBUPRI) ini merupakan agenda puncak dari rangkaian kongres yang sidang-sidang plenonya telah dilaksanakan sebelumnya di Jakarta.

Federasi Serikat Buruh Militan (F-SEBUMI) melaksanakan kongres yang keduanya di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan 19-20 Juli 2023. (Ist)

Semangat dan kegembiraan nampak di wajah para delegasi peserta kongres diantaranya dari pulau Jawa, di sepanjang perjalanan yang menyeberangi Selat Sunda.

Umumnya peserta kongres tiba di lokasi dua hari sebelum kongres dilaksanakan, maka waktu yang luang ini tidak disia-siakan baik oleh para delegasi peserta kongres maupun oleh tuan rumah. Agenda-agenda diskusi dan kuliah umum bersama mengisi hari-hari menjelang kongres. Bahkan di waktu-waktu istirahat para delegasi peserta kongres, tuan rumah, dan peninjau juga terlihat membentuk kelompok-kelompok diskusi, yang meskipun terlihat santai namun substansinya berbobot mengukuhkan soliditas kaum buruh.

Memasuki hari pertama pelaksanaan kongres, lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya disusul oleh L’internasionale dan Darah Rakyat menjadi penanda dimulainya rangkaian kongres. Dibuka dengan sambutan yang bersahaja oleh Ketua Panitia, disusul dengan sambutan dari Ketua F-SEBUMI Aan Aminah, dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari perwakilan Serikat Buruh Tempat Kerja anggota Federasi SEBUMI, dan perwakilan dari Federasi SARBUPRI.

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang disampaikan oleh Susi Rahayu Transiska selaku sekretaris F-SEBUMI diterima secara aklamasi oleh para peserta kongres.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, kritik dan otokritik oleh Agus Bobo dan Parto yang titik tekannya adalah pentingnya pengorganisian dan pembangunan organisasi yang kuat sebagai jalan menuju kemenangan kaum buruh.

Selanjutnya sidang-sidang pengesahan materi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, materi Program Organisasi, dan Strategi dan Taktik bergulir lancar di bawah pimpinan sidangnya masing-masing.

Juga disampaikan materi Situasi Nasional dan Internasional yang menjadi landasan objektif bagi program organisasi dan strategi dan taktik.

Kongres memilih ketua dan sekretaris untuk periode kepengurusan 2023-2026. Dalam sidang ini terpilih Susi Rahayu Transiska sebagai ketua dan Ilham Jimbo sebagai sekretaris.

Kongres II Federasi Serikat Buruh Militan berjalan lancar dan akhirnya ditutup pada tanggal 20 Juli 2023 pagi hari. Kelegaan, kegembiraan, dan semarak suasana segera saja meliputi aula ruang sidang. Anggota F-SEBUMI dan F-SARBUPRI, juga kawan-kawan peninjau yang memang sebagian besar sudah lama saling mengenal kembali berkesempatan berfoto bersama dan saling melemparkan canda.

Kongres II F-SEBUMI telah meninggalkan kesan yang mendalam bagi seluruh peserta dan tuan rumah.

Tugas besar menjalankan roda organisasi dan membangun gerakan buruh telah menantang kepengurusan terpilih, memimpin perjuangan kepentingan sosial dan politik kaum buruh mencapai sukses ditengah ajang demokrasi NKRI (Yono)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru